Terungkap! China Juara Kedua Investasi di RI

loading...
Terungkap! China Juara Kedua Investasi di RI
China menempati peringkat kedua investasi di RI. Foto/Ilusrasi
A+ A-
JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia Djauhari Oratmangun mengatakan China saat ini tengah gencar meningkatkan investasinya di Indonesia. Adapun, posisi China kini sudah berada di peringkat kedua setelah Singapura. Tercatat, investasi China di Indonesia sangat besar bahkan meningkat 9% sepanjang semester I-2020 lalu yakni menjadi USD2,4 miliar dari USD2,2 miliar pada semester I-2019.

"Di tengah pandemi, selama semester pertama tahun 2020, investasi China di Indonesia meningkat tajam 9% menjadi USD2,4 miliar dengan 1.311 proyek dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan jumlah tersebut, China menjadi investor asing terbesar kedua di Indonesia sedangkan Hong Kong menjadi investor ketiga sebesar USD1,7 miliar," ujar Djauhari dalam diskusi virtual, Kamis (24/9/2020).

Baca Juga: Di Sidang PBB, Presiden China Ungkap Munculnya Virus Corona Akibat Kutukan

Menurut dia China masih menjadi mitra dagang terbesar buat Indonesia dengan nilai perdaganganya mencapai USD42,1 miliar. "Angka ekspor Indonesia meningkat 6,8% (year on year /yoy) atau senilai USD20,2 miliar. Dengan begitu, Indonesia menjadi mitra dagang terbesar ke-14 buat Tiongkok dan di antara negara-negara ASEAN, Indonesia menjadi negara pengekspor terbesar ke-4 ke Tiongkok," bebernya.



Baca Juga: RI Jadi Bahan Ejekan Singapura, Ini Lho Masalahnya..

Dia menambahkan saat ini, China dan Indonesia tengah disibukkan dalam mengembangkan vaksin Covid-19. "Kerjasama sektor lain yang juga telah dilakukan antara kedua negara antara lain kerja sama pengembangan vaksin, dukungan China terhadap pelatihan vokasi di Indonesia dan eksplorasi industri bernilai tambah untuk kepentingan Indonesia dan China," tuturnya.
(nng)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top