Wejangan Sandi Uno untuk Pelaku UMKM, Ada Harapan Ekonomi Rebound di Kuartal IV

loading...
Wejangan Sandi Uno untuk Pelaku UMKM, Ada Harapan Ekonomi Rebound di Kuartal IV
Pengusaha sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi, bahwa pandemi Covid-19 tidak akan berlangsung lama. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Pengusaha sekaligus mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno memprediksi, bahwa pandemi Covid-19 tidak akan berlangsung lama. Bahkan kata dia, ekonomi Indonesia diprediksi bisa rebound di kuartal IV 2020.

(Baca Juga: Menangkap Peluang dari Kisah Sandi Uno yang Kena PHK Saat Krisis)

"Prediksi saya, kuartal IV kita sudah rebound. Kuncinya simple dan mungkin terdengar klise, yaitu selalu terapkan pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan," ungkap Sandiaga dalam Webinar "Membangkitkan Ekonomi Umat di Tengah Pandemi" dalam rangka Indonesia Young Entrepreneur Summit (IYS) Goes To Campus di Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Dia mengatakan, hal ini akan menurunkan risiko di masyarakat secara fundamental. Selain itu jika ekonomi rebound, ada catatan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa maju.



"Untuk UMKM, mereka harus punya nilai dan orientasi kewirausahaan, antara lain motivasi untuk sukses, mengambil keputusan dengan berani, berani tampil beda, dan proaktif," ujar Sandiaga.

(Baca Juga: Ujian RI Naik Kelas, Sandiaga Uno Ibaratkan Resesi seperti Mendaki Tebing Curam)

Dia mengatakan, banyak pengusaha yang mengeluh dan galau diterpa pandemi. Namun, menurut dia, para pelaku UMKM harus berani tampil beda dan optimis. Ilmu dari pelatihan sudah ada, sehingga mereka seharusnya tinggal mengeksekusinya.



"Kunci kedepannya adalah fokus, fokus terhadap apa yang kita kerjakan. Jangan sampai kita tidak ambil peluang, karena kesuksesan hanya menghampiri orang-orang yang selalu bergerak," pungkas Sandiaga.
(akr)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top