Mitigasi Covid-19 Tahap II, Rajawali Corpora Salurkan Bantuan Satu Juta Masker

Selasa, 05 Mei 2020 - 20:45 WIB
loading...
Mitigasi Covid-19 Tahap II, Rajawali Corpora Salurkan Bantuan Satu Juta Masker
Rajawali Corpora melalui Rajawali Foundation dan juga salah satu unit bisnisnya, PT Jogja Magasa Iron (JMI)/Indo Mines menyalurkan bantuan sebanyak satu juta masker untuk membantu upaya mitigasi Covid-19. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rajawali Corpora melalui Rajawali Foundation dan juga salah satu unit bisnisnya, PT Jogja Magasa Iron (JMI)/Indo Mines menyalurkan bantuan sebanyak satu juta masker untuk membantu upaya mitigasi dan siaga penyebaran coronavirus disease-19 (Covid-19). Bantuan alat medis yang juga didukung oleh Tianjin RockCheck Puji Foundation ini ditujukan bagi tenaga medis di garis terdepan dan masyarakat yang paling terdampak wabah.

Executive Advisor to the Chairman & CEO Rajawali Corpora, Satrio Tjai mengungkapkan, ini merupakan bantuan tahap kedua yang disalurkan Grup melalui Rajawali Foundation. Sebelumnya, pada awal April 2020 lalu, telah disalurkan bantuan ribuan masker kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Indonesia Global Compact Network (IGCN), dan untuk komunitas anak perusahaan Rajawali Corpora.

“Untuk tahap kedua ini, bantuan kami salurkan melalui Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta, IGCN, komunitas anak perusahaan, dan beberapa tempat lainnya yang membutuhkan,” ujar Satrio.

Bantuan tahap kedua dilaksanakan bertepatan dengan tibanya bulan suci Ramadhan. Hal ini, lanjut Satrio, diharapkan dapat terus memacu unit usaha lainnya di dalam grup Rajawali untuk melanjutkan berbagai kegiatan dalam menyambut bulan Ramadhan sekaligus turut mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Rajawali Foundation Agung Binantoro mengatakan, masker merupakan salah satu perlengkapan medis yang saat ini sangat dibutuhkan dalam upaya mitigasi wabah Covid-19, khususnya bagi para tenaga medis.

Selain itu, lanjut Agung, ketersediaan masker juga sangat diperlukan berbagai lapisan masyarakat, terlebih di tengah terus bertambahnya jumlah kasus penularan virus ini. Berdasarkan data yang disampaikan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, per tanggal 4 Mei 2020, jumlah pasien positif Covid-19 bertambah sebanyak 395 orang. Dengan demikian, jumlah total pasien yang terjangkit virus corona di Tanah Air mencapai 11.587 orang.

“Oleh karena itu, bantuan ini merupakan wujud komitmen dan kepedulian kami untuk melangkah bersama-sama pemerintah dan masyarakat menghadapi penyebaran virus ini,” kata Agung.

Selain memberikan bantuan berupa masker, lanjut Satrio, Rajawali Corpora dan unit-unit usaha lainnya juga telah menjalankan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan penerapan Physical Distancing di area kerja. “Kami juga melaksanakan working from home (WFH), serta melakukan pelarangan perjalanan (travel restriction) bagi karyawan dan komunitas di lingkungan perusahaan,” imbuh dia.

Bantuan yang diserahkan oleh Rajawali Foundation ini diterima langsung oleh Presiden IGCN J.W. Junardy dan perwakilan Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta di tempat dan kesempatan terpisah. J.W Junardy menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan yang disalurkan oleh Rajawali Corpora dan unit-unit usahanya. Dia berharap bantuan ini dapat membantu upaya mitigasi bencana wabah Covid-19 di Indonesia.

“Sebagai tindak lanjut, kami akan menyalurkan bantuan masker ini ke Doctor Share yang ditujukan kepada ribuan tenaga medis di berbagai fasilitas kesehatan dan RS rujukan dalam penanganan Covid-19,” sambung dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1241 seconds (0.1#10.140)