Enam Perubahan Besar pada 2021

Sabtu, 12 Desember 2020 - 08:20 WIB
loading...
Enam Perubahan Besar pada 2021
Managing Partner Inventure Yuswohady. Foto/dok
A A A
Yuswohady
Managing Partner Inventure

Pada tahun 2021 kita akan menghadapi perubahan besar di bidang teknologi, politik, ekonomi, sosial-budaya, hingga regulasi yang pada gilirannya memengaruhi operasi bisnis dan perusahaan. Selama enam bulan terakhir ini, saya melakukan riset untuk mengidentifikasinya, dan saya menemukan enam perubahan besar yang bakal terjadi. Saya menyebutnya "Six Forces of Changes 2021".

#1. Covid-19 Propagation

Berbeda dengan perubahan-perubahan industri sebelumnya, pada tahun 2021 perubahan industri sangat ditentukan oleh penyebaran virus dan kemampuan pemerintah dalam memproduksi dan mendistribusikan vaksin kepada seluruh warga negara. (Baca: Taubat Sebagai Jalan Keluar Masalah)

Faktor ini menjadi "vital driver of change" karena sejauh penyebaran virus tak bisa dihentikan dan vaksin penangkal tak urung dikembangkan, maka seluruh elemen perekonomian, industri, dan bisnis akan tetap lumpuh tak berdaya.

Namun, begitu muncul titik terang vaksin diproduksi dan didistribusikan, maka sentimen konsumen akan cepat pulih, spending masyarakat (khususnya kelas menengah) mulai bangkit, dan perekonomian kembali menggeliat.

#2. Societal Anxiety

Pandemi menimbulkan luka yang akut dan kecemasan luar biasa di kalangan konsumen dan masyarakat. Mereka takut dan cemas kehilangan nyawa ("Fear of Death"), kehilangan pekerjaan dan jatuh miskin ("Fear of Economic"), dan kehilangan kehidupan sosial, harapan, kebergunaan ("Fear of Actualization").

Ketakutan dan rasa cemas itu terjadi di tingkat individu (personal) tapi kemudian bermetamorfosis dan menjelma menjadi keresahan komunal (societal) yang berujung pada berbagai persoalan sosial, seperti keputusasaan, isolasi, depresi, kejahatan, kenekatan, hingga ekstremisme. (Baca juga: Komisi X Dorong Munculnya Penggerak Literasi Desa)

Mindfulness dan well-being menjadi kelangkaan di tengah-tengah era ketakutan ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1404 seconds (0.1#10.140)