Biayai Investasi Kapal, Pertamina Trans Kontinental Gandeng BNI Syariah

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 14:41 WIB
loading...
Biayai Investasi Kapal, Pertamina Trans Kontinental Gandeng BNI Syariah
PTK dan BNI Syariah menandatangani akad pembiayaan investasi musyarakah senilai Rp175 miliar untuk mendukung program investasi pembangunan dua unit kapal. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sebagai strategi meningkatkan kehandalan moda angkut kebutuhan energi nasional dan untuk melaksanakan program investasi, khususnya pengadakan kapal yang termasuk dalam RKAP PTK 2020, PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) bekerja sama dengan Bank BNI Syariah guna membiayai pengadaan kapal tersebut.

Kerja sama tersebut berupa Akad Pembiayaan Investasi Musyarakah senilai Rp175 miliar untuk mendukung program investasi pembangunan dua unit Kapal Harbour Tug 3.200 HP, dengan jangka waktu 7 tahun.

(Baca Juga: Inovatif, PTK Raih Penghargaan Marketeers BUMN Awards 2020)

Saat ini, jumlah kapal milik anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang bergerak dalam bidang usaha pelayaran, jasa maritim dan logistik ini sudah mencapai lebih dari 100 unit. PTK juga memiliki empat anak perusahaan yakni PT Peteka Karya Samudra, PT Peteka Karya Gapura, PT Peteka Karya Tirta dan PT Peteka Karya Jala; dan satu join venture yakni PT Trans Young Maritime.

"Kerja sama ini kita harapkan dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa ada kendala sehingga tidak saja memberikan keuntungan bagi PTK, namun juga untuk BNI Syariah. Keuntungan bagi PTK adalah mendapatkan dana untuk pembiayaan pembangunan kapal-kapal PTK, sedangkan BNI Syariah dapat menyalurkan pembiayaan dengan bunga yang kompetitif," ungkap Direktur Utama PT Pertamina Trans Kontinental Nepos MT Pakpahan dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2020).

Nepos menambahkan, kerja sama PTK dengan BNI Syariah ini juga ikut menggairahkan dan menggerakkan industri galangan kapal yang saat ini kondisinya kurang menggembirakan karena dampak ekonomi nasional dan global serta pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk ikut membantu Pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja dan menggerakan perekonomian, serta menunjang Induk Perusahaan PT Pertamina (Persero) dalam mendistribusikan BBM keseluruh Indonesia.

(Baca Juga: BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Rp400 M ke Medco Power Indonesia)

Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah Daryanto Tri Sumardono mengatakan, akad pembiayaan investasi ini diharapkan bisa mewujudkan program pengadaan kapal PTK. "Dengan pembiayaan pengadaan kapal ini harapannya bisa menujang kinerja operasi dan keuangan PTK," kata Daryanto.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan value proposition BNI Syariah yaitu Hasanah Banking Partner, dimana BNI Syariah berkomitmen untuk memajukan ekonomi melalui dukungan kepada PT Pertamina Trans Kontinental untuk investasi pembiayaan pembangunan kapal.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)