Duh, Pemulihan Ekonomi Indonesia Bakal Berlangsung Lama

Jum'at, 02 Oktober 2020 - 20:11 WIB
loading...
Duh, Pemulihan Ekonomi Indonesia Bakal Berlangsung Lama
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pemulihan ekonomi Indonesia akan berlangsung lama. Pasalnya, ekonomi Indonesia masih akan terkontraksi hingga akhir tahun.

"Kita dalam situasi kesehatan yang belum memiliki vaksin dan obat Covid-19 . Dampak ekonomi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia di Q2 sudah terkontraksi 5,3%. Dalam Q3 pertumbuhan masih di zona negatif meskipun ada perbaikan," ujar Suahasil dalam diskusi virtual, Jumat (2/10/2020). ( Baca juga:Bu Sri Mulyani, Butuh Debt Collector Gak buat Nagih Utang Rp358,5 Triliun? )

Ia melanjutkan, pemerintah ingin meningkatkan ekonomi dengan mengintervensi belanja kesehatan serta dukungan kepada UMKM, dukungan bisnis (korporasi), dan perlindungan sosial. Oleh karena itu, alokasi belanja APBN perlu adaptif dan fleksibel sehingga pemerintah melebarkan defisit tahun 2020 menjadi 6,3%. Namun tahun depan akan berangsur dikurangi menjadi 5,7%. ( Baca juga:Jimly: Untuk Apa KAMI Dimusuhi, Kalau Tak Setuju Abaikan Saja )

"Tahun ini kita defisit 6,3%, tahun depan ingin kita kendalikan di 5,7%. Harapannya pemulihan ekonomi berlanjut. Kita sadari pemulihan akan lama. Fiskal harus adaptif dan cukup fleksibel untuk ekonomi," jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)