BTN Luncurkan KPR Patriot Khusus TNI

Selasa, 06 Oktober 2020 - 07:35 WIB
loading...
BTN Luncurkan KPR Patriot Khusus TNI
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BTN) menawarkan Program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) spesial dengan down payment (DP) 1%. Program yang bertajuk KPR BTN Patriot ini berlaku sejak 5 Oktober–akhir Desember 2020.

Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan Program KPR BTN Patriot bertujuan membantu mewujudkan keinginan para anggota TNI/Polri yang ingin memiliki rumah meski dalam kondisi pandemi Covid-19. Melalui program ini, banyak kemudahan serta keringanan disediakan bagi anggota TNI/Polri. (Baca: Hidayah adalah Mengetahui Kebenaran)

“Melalui Program KPR Patriot ini, kami ingin membantu mewujudkan kepemilikan rumah bagi patriot bangsa, yang tengah memperingati hari ulang tahun korpsnya ke-75. Dengan begitu, para anggota TNI/Polri di seluruh Nusantara bisa lebih fokus menjalankan tugas mulia, menjaga kedaulatan serta keuntungan NKRI,” ungkap Pahala di Jakarta kemarin.

Pahala memerinci, BTN pun memberikan beragam kemudahan agar para TNI dapat memiliki hunian dengan terjangkau. Selain DP hanya 1%, Bank BTN juga memberikan diskon biaya provisi sebesar 75%, suku bunga 7% fixed 5 tahun, dan bebas biaya administrasi.

Pahala menuturkan, BTN terbilang cukup agresif menawarkan berbagai inovasi program pemasaran sejak pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia. Ini merupakan upaya menjaga gairah sektor properti nasional yang terdampak lebih awal ketimbang industri lain. Selain itu, inovasi produk dan layanan kredit kepemilikan hunian yang memudahkan masyarakat juga sejalan dengan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) oleh pemerintah.

Apalagi, lanjut dia, BTN pun kembali dipercaya pemerintah dengan mendapatkan tambahan penempatan dana pemerintah sebesar Rp5 triliun. Dengan demikian, tambah Pahala, perseroan telah mendapatkan dana PEN mencapai Rp10 triliun. (Baca juga: Fadli Zon Ajak Presiden Jokowi Merenung)

“Sesuai komitmen kami, sampai 25 September 2020, kami telah menyalurkan dana PEN sebesar Rp16,35 triliun dengan fokus ke sektor perumahan,” jelas Pahala.

Pahala optimistis bank yang fokus pada pembiayaan sektor properti ini bisa memenuhi komitmen penyaluran kredit dari dana penempatan pemerintah dalam Program PEN. “Perseroan berkomitmen memenuhi target untuk menyalurkan pembiayaan hingga tiga kali lipat dari dana yang ditempatkan pemerintah di Bank BTN. Dengan tambahan tersebut maka target penyaluran kredit Bank BTN untuk Program PEN menjadi Rp30 triliun," pungkas Pahala.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui penempatan dana di perbankan. Dalam kebijakan ini, terdapat serangkaian skema kebijakan afirmasi dengan alokasi anggaran sebesar Rp695 triliun untuk tahun 2020.

Kebijakan PEN meliputi upaya pemulihan pada sisi permintaan dan pada sisi penawaran masyarakat secara simultan, seiring dengan anggaran pemulihan kesehatan sebesar Rp87,55 triliun yang dikelola Satgas Penanganan Covid-19. (Lihat videonya: 5 Negara dengan Angkatan Udara Paling Digdaya di Dunia)

Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar menuturkan, dalam merealisasikan penyaluran kredit, Bank BTN tetap memegang prinsip kehati-hatian agar rasio kredit bermasalah terjaga dan debitur juga tidak terbebani dengan cicilan di tengah kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. (Rakhmat Baihaqi)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)