Tips Menciptakan Ruangan Santai di Dalam Rumah

Rabu, 06 Mei 2020 - 08:46 WIB
loading...
Tips Menciptakan Ruangan Santai di Dalam Rumah
Foto/Istimewa
A A A
Sanctuary area atau area santai menjadi hal penting di setiap rumah. Fungsi ruangan ini tidak hanya bisa menjadi tempat melepas lelah, juga bisa menjadi area kumpul keluarga.

Bila Anda berencana menciptakan ruang santai di dalam rumah, setiap elemen yang dipilih harus benar-benar customized dan mewakili selera masing-maing orang, sehingga semestinya tidak ada sanctuary area yang sama satu dengan lainnya.

Anda pun tidak harus menyamakan warna, model, ataupun akseoris ruangan hanya untuk mendapatkan tampilan yang mirip dengan foto ruangan yang ada di majalah. Jika Anda suka dan sesuai dengan ukuran ruangan hal itu bisa diwujudkan, tapi jika tidak suka juga bisa dihilangkan.

Namun, dalam memilih dan menata furnitur yang akan digunakan di area favorit rumah, ada beberapa ketentuan yang dapat disesuaikan dengan konsep ruangan itu sendiri. Hal ini ditegaskan arsitek Deni Indra. Menurutnya, ketentuan sederhana ini bukan dibuat untuk membatasi kreativitas dalam mengolah ruangan, tapi untuk membantu mewujudkan ruangan yang hangat dan nyaman digunakan beraktivitas.

Ketentuan tersebut dimulai dari saat Anda membeli furnitur. "Penuhi kebutuhan paling standarnya dahulu sebagai langkah awal, kemudian baru memilih model yang tahan lama dan bukan hanya melihat tren semata. Jadikan ukuran ruangan sebagai tolak ukur utama," jelas Deni.

Dalam menciptakan ruangan santai yang sedikit mahal, itu tidak masalah asalkan keawetannya terjamin. Namun jika ingin mendapatkan pilihan menarik, rajinlah berburu model di berbagai pameran furnitur.

Lantas, bagaimana jika selera berbeda-beda yang akhirnya berujung pada pilihan gaya yang berbeda pula? Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih furnitur di area santai personal yang bisa membuat hari-hari Anda bersama keluarga terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Untuk ruang keluarga yang ruangannya tidak terlalu besar, suasana klasik mewah bisa diwujudkan dengan memilih pelapis sofa bermotif damask yang anggun dan cantik. Ada pun untuk menghadirkan gaya modern simpel, ada baiknya furnitur dipilih dengan bahan yang ringan seperti logam.

"Untuk menjaga agar kesan dinginnya tidak dominan, atur posisi sofa mengelilingi meja kopi, sehingga percakapan dapat terjalin lebih hangat di sini," paparnya.

Gaya etnik tradisional juga bisa diciptakan pada ruang santai dengan memadukan furnitur berukir. Modelnya pun harus dipilih yang simpel dan ringan agar tidak susah dalam melakukan perawatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1856 seconds (11.97#12.26)