Ubah Teras Rumah Jadi Beranda Santai yang Penuh Inspiratif

Rabu, 06 Mei 2020 - 11:06 WIB
loading...
Ubah Teras Rumah Jadi Beranda Santai yang Penuh Inspiratif
Mengubah tampilan teras rumah lebih ciamik bisa dilakukan saat Anda merasa bosan dengan suasananya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Mengubah tampilan teras rumah lebih ciamik bisa dilakukan saat Anda merasa bosan dengan suasananya. ‎Dengan memberi sentuhan yang berbeda, teras pun bisa dijadikan sebagai ruang santai yang menarik.

Teras rumah yang saat ini banyak difungsikan sebagai area bersantai atau tempat menerima tamu. Jika Anda berencana membuat tampilan teras rumah menjadi ruang santai dengan menata ulang, tetapi ‎dana belum cukup, Anda tidak perlu risau. Ada beberapa cara mudah membuat tampilan teras Anda menjadi lebih cantik.

Desain interior, Susan Octari Yawhan mengungkapkan, ‎jika ingin menjadikan teras sebagai tempat bersantai saat pagi dan sore hari haruslah disesuaikan dengan kebutuhan ruangan untuk sirkulasi terhadap entrace bangunan. Selain itu juga harus memperhatikan sisa area yang akan dibuat.

Permainan furnitur yang sederhana seperti kursi dan meja serta ditambah dengan ornamen tanaman hijau akan menambah kesan asri teras sebagai area santai Anda. Dalam pemilihan ornamen, juga harus disesuaikan dengan gaya dan konsep bangunan, seperti bangunan dengan gaya klasik akan lebih bagus apabila ditampilkan dengan ornamen patung, ukiran, batu alam, dan kayu.

Solusi yang tepat untuk menjadikan teras sebagai ruang santai adalah dengan mendekorasinya sesuai dengan tema. Tema yang natural akan membuat tampilan teras lebih alami dan asri. Jika Anda ingin menambah kesan lebih berwarna gunakan warna tegel yang senada dengan warna dinding tetapi pilih furnitur yang terkesan alami seperti kayu.

Furnitur juga harus diperhatikan dalam penataan teras sebagai area santai di rumah. Untuk Anda yang ingin menghadirkan suasana santai nan klasik di teras bisa memberikan meja dan kursi dari material kayu. Namun bila Anda ingin menghadirkan area santai di teras dengan minimalis bisa meletakkan ornamen sofa yang terbuat dari rotan.

"Jika teras memiliki luas yang cukup bisa ditempatkan beberapa furnitur seperti ayunan dari bahan rotan dan bale panjang yang dialaskan bantal besar," saran Susan.

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah pencahayaan, penggunaan atap skylight, atau dengan penggunaan kisi-kisi kayu bisa dimanfaatkan untuk lebih memberikan efek cahaya matahari yang tidak berlebihan. Jadi, teras Anda tidak terasa panas saat bersantai pada siang hari.

"Untuk penerangan buatan seperti lampu, bisa dipilih sesuai dengan selera, seperti pemakaian hidden light agar terlihat lebih dramatis dan minimalis atau bisa juga pemakaian lampu gantung bergaya klasik," jelasnya.

Selain karakter, gaya dan dekorasi seperti furniture juga perlu menjadi perhatian. Satu hal yang tidak boleh Anda lupa adalah pemilihan tegel atau lantai. "Sebaiknya bila ingin menjadikan teras sebagai ruang santai, gunakan lantai yang tahan terhadap udara, gesekan, dan tekanan dari beban, serta juga mudah dibersihkan," lanjutnya.

Untuk pola dan warna lantai sebaiknya dipilih yang tidak menonjol dengan warna tembok serta dekorasi lainnya. Begitu pula dengan ukuran, walaupun hal ini disesuaikan dengan selera sang pemilik rumah, tetapi pemakaiannya tetap harus memperhatikan komposisi terhadap luas teras agar tidak terlihat mubazir dalam pemakaian bahan.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat teras sebagai ruang santai adalah tidak mengganggu proses sirkulasi terhadap area luar bangunan, seperti tanah dan carport. Kedua, perhatikan bahan materialnya dan sesuaikan dengan konsep rumah. Contohnya, jika bangunan bergaya tropis natural, pilihlah material teras yang memiliki gaya natural, seperti keramik, batu alam, dan granit. Material ini berfungsi sebagai penyerap panas. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1262 seconds (0.1#10.140)