Kembangkan Ekosistem Halal, BNI Syariah Siram Kredit ke Pedagang Pasar

Rabu, 07 Oktober 2020 - 11:19 WIB
loading...
Kembangkan Ekosistem Halal, BNI Syariah Siram Kredit ke Pedagang Pasar
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - BNI Syariah jalin sinergi untuk mengembangkan ekosistem halal , khususnya UMKM di sektor perdagangan pasar, dengan menggandeng pengembang pasar PT Bangunbina Persada. Kerja sama penandatangan nota kesepahaman kemudian dilanjutkan dengan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) antara BNI Syariah dengan PT Bangunbina Persada.

Nota kesepahaman (MoU) itu terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah, kerja sama fasilitas pembiayaan produktif pedagang pasar, koperasi, karyawan, serta kerja sama fasilitas pembiayaan produktif modal kerja dan investasi.

Penandatanganan MoU kemudian dilanjutkan perjanjian kerja sama (PKS) penyaluran pembiayaan investasi kepemilikan tempat usaha pedagang di Pasar Purwadadi (Subang) dan Pasar Sabilulungan Soreang (Bandung). Kerja sama ini mengenai pemberian jaminan pembelian kembali atas tempat usaha nasabah yang wanprestasi. ( Baca juga:Cadangan Devisa Longsor USD1,8 Miliar pada September )

Direktur Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah Iwan Abdi berharap, kerja sama ini bisa meningkatkan inklusi keuangan dan pembiayaan di sektor mikro. Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan dapat berjalan dengan baik, sehingga dapat menyejahterakan umat dan meningkatkan perekonomian rakyat.

“Merupakan suatu kehormatan dapat bekerja sama dengan PT Bangunbina Persada yang mengelola 13 pasar,” kata Iwan di Jakarta Rabu (7/10/2020).

Pada kesempatan ini BNI Syariah juga menyalurkan pembiayaan Rp313,7 juta kepada tiga nasabah mikro. BNI Syariah berharap kedepannya dapat menyalurkan pembiayaan ke pedagang lain. Melalui kerja sama ini, potensi bisnis yang diharapkan sekitar Rp20 miliar.

Direktur Utama PT Bangunbina Persada Yodin Susanto mengapresiasi kerja sama itu yang berlangsung dengan lancar. “Pembangunan pasar Soreang Bandung sedang dalam tahap pertama yang selanjutnya akan ada pembangunan total kios sebanyak 1.800,” kata Yodin.

Sampai triwulan II tahun 2020, BNI Syariah mencatatkan realisasi pembiayaan mikro sebesar Rp1,53 triliun dengan jumlah nasabah sebanyak 12.254 nasabah. ( Baca juga:Wapres: Seminggu Kampanye Ada 600 Laporan Pelanggaran Netralitas ASN )

Sebagai hasanah banking partner, BNI Syariah berkomitmen untuk berkontribusi terhadap pengembangan ekosistem halal, di antaranya melalui pemberdayaan ekonomi melalui pembiayaan pasar.

PT Bangunbina Persada merupakan perusahaan di bidang perdagangan barang dan jasa konstruksi bangunan gedung di Jawa Barat. Lingkup bisnis perusahaan adalah renovasi dan pengelolaan pasar tradisional menjadi pasar modern. Saat ini Bangunbina Persada merupakan pengembang dan pengelola Pasar Purwadadi Subang dan Pasar Sabilulungan Soreang Bandung.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)