Ini Dia Loh yang Bikin Milenial Jadi Doyan Investasi

Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:19 WIB
loading...
Ini Dia Loh yang Bikin Milenial Jadi Doyan Investasi
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Investor ritel mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk di Indonesia sendiri berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) ada 1,2 juta orang yang memiliki single investor identification (SID) atau tumbuh 12%.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan Deni Ridwan mengatakan, tumbuhnya minat investasi masyarakat sangat baik bagi sektor keuangan di Indonesia. Di sisi lain, investasi juga berdampak baik bagi pengelulaan keuangan para generasi milenial.

“Pemerintah menangkap adanya investasi yang terbangun atau minimal pengelolaan keuangan. Kita menyambut baik fenomena ini, sangat positif dalam rangka untuk pengembangan sektor keuangan kita,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (6/10/2020).

Menurut Deni, ada beberapa hal yang membuat akhirnya milenial memilih untuk investasi. Pertama adalah para generasi milenial ini kebingungan untuk memanfaatkan uang yang dimiliki. ( Baca juga:Petani dan Nelayan Gampang Terpapar Krisis, Teten Bantu dari Hulu Sampai Hilir )

“Yang menjadi konsen adalah, masuknya atau tumbuhnya investor ritel ini pertama adalah dia punya uang yang biasanya dipake untuk ke kafe, ke bioskop punya duit keliling dunia, tiba-tiba enggak bisa. Mereka bingung, ini duit tambahan mau diapain,” jelasnya.

Yang kedua adalah, generasi milenial melihat ada peluang uang yang dimilikinya bisa meningkat jika diinvestasikan di pasar modal. Hal ini berkaca dari kasus krisis keuangan di tahun 2008. ( Baca juga:Jokowi Setor 7 Nama Calon Anggota KY ke DPR, Ini Daftarnya )

“Kemudian dia melihat peluang untuk spekulasi. Mikirnya begitu harga saham rontok--ini pengalaman dari tahun 2008 dulu ketika harga saham jatuh--nanti dia bisa make money, bisa bikin keuntungan besar,” jelasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)