Neraca Perdagangan hingga Agustus Cetak Surplus, Mendag: Ayo Buat Produk Kreatif

Rabu, 07 Oktober 2020 - 16:42 WIB
loading...
Neraca Perdagangan hingga Agustus Cetak Surplus, Mendag: Ayo Buat Produk Kreatif
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto memaparkan, periode Januari-Agustus 2020 tercatat neraca perdagangan mengalami surplus sebesar USD 11.05 miliar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, di tengah pelemahan ekonomi akibat dampak pandemi covid-19, neraca perdagangan Indonesia mencatatkan hasil positif. Pada periode Januari-Agustus 2020 tercatat neraca perdagangan mengalami surplus sebesar USD 11.05 miliar.

"Surplus USD 11,05 miliar ini berbanding terbalik pada periode yang sama 2019 yang mengalami defisit USD2,06 miliar," kata Mendag Agus secara virtual, Rabu (7/10/2020).

(Baca Juga: Waspada! Impor Ambles Bikin Neraca Dagang Surplus Tidak Wajar )

Ia menyampaikan, walaupun pertumbuhan ekonomi mengalami pelemahan, namun patut kita syukuri perdagangan dapat menghasilkan kinerja yang positif. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja perdagangan di tengah pandemi sangat baik .

"Untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia, uang yang perlu digenjot konsumsi lokal dan ekspor non migas," terangnya.

(Baca Juga: Mantap! Neraca Dagang Agustus 2020 Surplus USD2,33 Miliar )

Maka sebagai upaya menggenjot konsumsi dan ekspor, Kemendag menggelar Good Design Indonesia (GDI). Acara tersebut bertujuan mendorong pelaku usaha untuk menciptakan karya desain produk kreatif, inovatif, dan memiliki nilai komersial tinggi di pasar lokal dan global.

"Kami memotivasi dunia usaha serta pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan produk dan akses pasarnya di dalam negeri atau pun pasar ekspor," jelasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)