Apresiasi Tol Manado-Bitung, Wamendag: Sulut Makin Berdaya Saing

Rabu, 07 Oktober 2020 - 22:42 WIB
loading...
Apresiasi Tol Manado-Bitung, Wamendag: Sulut Makin Berdaya Saing
Tol Manado-Bitung diyakini akan menggenjot pengembangan potensi ekonomi dan daya saing daerah Sulawesi Utara. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Keberadaan Tol Manado-Bitung yang belum lama ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) diapresiasi oleh masyarakat Sulawesi Utara (Sulut). Sebab, tak hanya menjadi tanda kemajuan, tetapi juga karena dampak positifnya yang diyakini akan memacu ekonomi daerah tersebut.

Wakil Menteri (Wamendag) Jerry Sambuaga yang meninjau Tol Manado-Bitung pekan lalu mengatakan bahwa tol pertama di Sulut itu sudah lama dinantikan masyarakat.

"Saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi Presiden Jokowi juga menteri terkait yang telah mewujudkan tol ini. Tentu tidak lupa kepada gubernur dan pemkot-pemkab di Sulut," ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (7/10/2020).

(Baca Juga: Tol Manado-Bitung Pacu Pertumbuhan Ekonomi di Sulawesi Utara)

Tol yang menandai kebutuhan lalu lintas yang semakin modern dan nyaman itu tentunya akan memperlancar arus lalu lintas dan menggerakkan perdagangan dan ekonomi. Dengan adanya tol tersebut, Jerry meyakini, potensi ekonomi Sulut bisa terus digenjot lagi.

"Manfaat tol sangat besar. Dalam perspektif perdagangan, arus distribusi akan lebih lancar sehingga harga-harga akan lebih murah. Juga dampaknya pada arus supply chain produksi. Bahan mentah dan bahan baku untuk berbagai industri, pertanian dan lain-lain akan lebih murah sehingga produk daerah juga akan meningkat daya saingnya," ujar putra asli Sulut itu.

Lebih lanjut, Jerry pun mengharapkan dua hal. Pertama, ia ingin agar masyarakat, khususnya dunia usaha memanfaatkan kehadiran tol itu seoptimal mungkin. Tol tidak boleh hanya memacu konsumsi masyarakat, teasnya, tapi sebaliknya harus bisa memacu produktifitas warga.

"Artinya, kehadiran tol bukan hanya menjadi sarana distribusi produk dari luar daerah tetapi juga bisa meningkatkan produk-produk asli Sulut yang bisa diperdagangkan ke luar Daerah hingga keluar negeri," ungkapnya.

Kedua, Jerry mengharapkan kolaborasi yang makin intensif antara pemerintah Daerah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara dengan pemerintah pusat untuk bisa memanfaatkan kehadiran tol tersebut.

(Baca Juga: Kerja Sama dengan Swasta untuk Maksimalkan Potensi Daerah di Tengah Pandemi)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) sendiri, menurut Jerry, memiliki banyak program kerja untuk memfasilitasi industri di daerah agar bisa tumbuh dan bersaing. Jerry mengatakan ada banyak program kerja Kemendag untuk desain produk, fasilitasi perdagangan hingga program akselerasi ekspor. Kolaborasi yang baik menurutnya akan memunculkan usahawan dan perusahaan baru di Sulut yang bisa bersaing di level nasional, bahkan internasional.

"Sulut sudah pasti banyak potensi. Dan potensi itu sekarang difasilitasi dengan berbagai infrastruktur yang dibangun pada masa kepeminpinan Presiden Jokowi. Sekarang tinggal bagaimana kita fasilitasi dalam produksi dan perdagangan. Saya yakin Sulut bisa. ini saatnya usahawan dan industri Sulut berbicara di level nasional atau bahkan internasional," tegas Wamendag.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)