Dominasi Demokrat di Kursi Senat AS Bisa Dongkrak IHSG ke 6.000

Senin, 12 Oktober 2020 - 04:52 WIB
loading...
Dominasi Demokrat di Kursi Senat AS Bisa Dongkrak IHSG ke 6.000
Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Ekonom TanamDuit Ferry Latuhihin optimistis Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan mencapai level 6.000 di akhir tahun nanti. Menurut dia, salah satu sentimen positif datang dari peta perpolitikan di Amerika Serikat (AS).

Walaupun mayoritas prediksi menjagokan Joe Biden sebagai pemenang pemilu presiden AS namun hal penting lainnya adalah partai penguasa kursi senat.

"Walaupun Biden yang disebut akan menang. Tapi yang paling penting adalah kursi Senat. Ini yang mengatur Presiden," ujar Ferry di Jakarta, Minggu (11/10/2020). (Baca juga: Jika Terpilih Jadi Presiden AS, Biden Siap untuk Bertemu Jong-un )

Dia memproyeksikan dari 35 kursi yang direbutkan, setidaknya 23 kursi akan dikuasai pihak Demokrat. Dampaknya menurut dia akan bagus buat perekonomian global dan market diperkirakan akan bullish. "Dow Jones bisa ke 32.000 dan IHSG bisa ke 6.000 di akhir tahun ini," ujarnya.

Senada, Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee juga mengatakan, Partai Demokrat setelah pemilu diperkirakan akan mengontrol Senat sehingga akan meloloskan paket stimulus fiskal lebih besar.

Partai Republik diperkirakan kehilangan kendali atas Senat karena diperkirakan Partai Demokrat berpeluang menguasai hampir 70% kursi di Senat.

Dia menilai, kemenangan Biden dan partai Demokrat memiliki efek menenangkan pasar keuangan, mengurangi volatilitas pasar dan berkurangnya risiko perang dagang. (Baca juga: Belum Sembuh Covid-19 Trump Lanjutkan Kampanye dan Lepas Masker )

Di sisi lain ada peluang terjadi kenaikan tarif pajak dan aturan yang lebih ketat. Hal ini juga meningkatkan minat terhadap mata uang yang selama ini dirugikan oleh perang dagang.

"Pasar mencerna dengan seksama perkembangan politik di Amerika Serikat. Beberapa sektor akan positif akibat dampak Omnibus Law. IHSG berpeluang konsolidasi melemah dengan support di level 5.001 sampai 4.881 dan resistance di level 5.099 sampai 5.187," ujarnya
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)