Waduh, Gegara Covid-19 Indonesia Bisa Gagal Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia

Senin, 12 Oktober 2020 - 13:03 WIB
loading...
Waduh, Gegara Covid-19 Indonesia Bisa Gagal Jadi Kekuatan Ekonomi Dunia
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan, pandemi menghambat upaya untuk mencapai target Indonesia menjadi negara maju pada 2045. Makanya, pemerintah pun mewaspadai dampak pandemi Covid-19 yang bisa menimbulkan krisis pada Indonesia.

"Kita melihat perubahan yang sangat mendasar di dalam perekonomian Indonesia karena adanya pandemi ini. Namun demikian kita tetap di dalam tracking path karena kita ingin mewujudkan Indonesia emas 2045 menjadi negara maju," kata Suahasil dalam diskusi yang berlangsung secara daring, Senin (12/10/2030). ( Baca juga:Gara-gara Ekonomi Turun, Setoran Pajak Raib Rp500 Triliun )

Dia menjelaskan, visi Indonesia Emas 2045 adalah menargetkan produk domestik bruto atau PDB Indonesia mencapai USD7 triliun, sehingga mampu menjadi negara yang masuk sebagai lima besar kekuatan ekonomi dunia pada 2045.

"Cara pandang kami adalah Indonesia dalam upaya terus perbaiki perekonomian untuk capai visi emas 2045," ujarnya. ( Baca juga:Muhammadiyah Tegaskan Tak Ikut Aksi Tolak UU Cipta Kerja )

Dia menambahkan, transformasi ekonomi tetap harus dilakukan di tengah pandemi agar ketika krisis telah berakhir maka Indonesia siap melangkah dan melompat lebih jauh ke depan. Transformasi ekonomi dilakukan dengan memperhatikan komposisi perekonomian Indonesia, yaitu konsumsi rumah tangga yang berkontribusi 57% terhadap PDB, investasi berkontribusi 30% terhadap PDB, serta pengeluaran pemerintah.

"Pengeluaran pemerintah saat ini masih jadi tumpuan, namun setelah pandemi selesai, lalu ekonomi maju, maka konsumsi dan investasi diharapkan pick up," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)