Kanopi, Pemanis dan Pelindung Rumah

loading...
Kanopi, Pemanis dan Pelindung Rumah
Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Kanopi adalah atap kecil yang memiliki fungsi untuk melindungi ini memiliki sejarah dalam perkembangan dan pengaplikasiannya pada sebuah arsitektur dan desain hunian masa kini.

Mulanya kanopi banyak dijumpai sebagai bagian dari bangunan gereja, istana, ataupun monumen kuno. Rancangannya dibuat menjulang keluar dari dinding bangunan untuk patung ataupun bangunan lain yang terletak di bawahnya. Bukan bagian dari atap bangunan, tapi memiliki kesamaan fungsi dengan atap. (Baca: Hukum Bercakap-cakap Ketika Melakukan Jimak)

Seiring perkembangan zaman, kanopi kemudian dimodifikasi oleh para ahli bangunan dan arsitek untuk diterapkan di kediaman pribadi. Fungsinya pun dibuat lebih fleksibel dan luas, seperti melindungi jendela atau pintu rumah.

Kanopi juga berperan menahan tempias air hujan yang jatuh agar tidak masuk ke dalam ruangan. Jadi, jendela dapat tetap dibuka dengan nyaman tanpa takut air masuk ke dalam rumah melalui lubang jendela. Desain yang menarik menjadi kunci keberhasilan kanopi menjalani fungsinya dan memberi keindahan pada rumah.



"Ketika diterapkan di rumah tinggal, kanopi memiliki berbagai bentuk. Mulai kanopi lengkung, kanopi segiempat, hingga kanopi limas atau segitiga," ungkap arsitek Fajar Kresno Murti.

Desain kanopi lengkung biasanya memiliki bentuk setengah lingkaran. Ketika dipasang di atas jendela atau pintu, kedua titik bawah dari kanopi lengkung memiliki jarak sekurang-kurangnya sama dengan lebar jendela atau pintu. Kemudian, jarak tersebut dipergunakan sebagai diameter setengah lingkaran kanopi lengkung. (Baca juga: Sulap Kecubung Jadi Obat Bius, Siswa MAN I Juarai Ajang Internasional)

Selain model lengkung, kanopi segiempat juga banyak diterapkan pada hunian modern. Kanopi segiempat biasanya perpaduan antara persegi panjang dengan trapesium. Persegi panjang merupakan penampang miring dan depan, sementara trapesium sebagai bagian dari sisinya.



"Untuk kanopi dengan model segiempat ini ukuran panjangnya sama dengan lebar dari jendela atau pintu yang ingin dilindungi," kata Fajar.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top