Cek di Sini! Tips Jitu Agar Tetap Kaya Ketika Pensiun

Rabu, 14 Oktober 2020 - 11:38 WIB
loading...
Cek di Sini! Tips Jitu Agar Tetap Kaya Ketika Pensiun
Tips mengelola dana pensiun. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pensiun merupakan masa yang menyenangkan bagi sebagian besar orang. Setelah sekian lama bekerja, masa pensiun dianggap menjadi momen untuk beristirahat dan menikmati dana pensiun karyawan yang diberikan oleh perusahaan.

Namun perlu Anda ingat, jumlah dana pensiun yang besar sekali pun akan sia-sia jika tidak dikelola dengan baik. Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan mengelola dana pensiun adalah keahlian penting yang harus dimiliki oleh semua orang, khususnya untuk para pensiunan. "Karena jumlah dana yang besar sekalipun akan habis jika tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan tepat," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (14/10/2020).



Dia melanjutkan agar fokus pada kebutuhan bukan keinginan. Adapun, dahulukan kebutuhan diatas kepentingan, terlebih jika dana yang terima adalah satu kali di akhir masa kerja dengan jumlah yang sangat besar. "Coba kelola, sisihkan, dan dahulukan untuk kebutuhan primer, seperti makan, pakaian, serta hunian

Dia melanjutkan agar mengelola dana pensiun tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, tetapi juga dapat terus dikelola agar berkembang. "Setidaknya ada 3 fungsi dana pensiun yang bisa dimanfaatkan, seperti asuransi, tabungan, dan dana pensiun itu sendiri," bebernya.



Dia menambahkan belajar untuk investasi. Pasalnya, agar dunia yang serba modern ini pilihan investasi sangat beragam, seperti deposito, saham, logam mulia, properti, dan lainnya. "Jadi itulah cara efektif mengelola dana pensiun agar hari tua Anda tetap terjamin," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2613 seconds (0.1#10.140)