Eduversal Kenalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi ke Guru

Rabu, 06 Mei 2020 - 23:11 WIB
loading...
Eduversal Kenalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi ke Guru
Perusahaan penyedia layanan pendidikan, Eduversal mengadakan webinar yang memperkenalkan guru untuk membuat video pembelajaran menggunakan platform Edpuzzle. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dalam metode belajar yang saat ini mengandalkan pembelajaran berbasis teknologi. Perusahaan penyedia layanan pendidikan Eduversal pun mengadakan webinar yang memperkenalkan guru untuk membuat video pembelajaran menggunakan platform Edpuzzle yang sudah digunakan guru di seluruh dunia.

Acara Webinar Beyond The Class ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Eduversal dalam rangka memfasilitasi guru-guru di Indonesia untuk mengikuti perkembangan tekno dibidang pendidikan dan juga membantu guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan jarak jauhnya.

Pengenalan Edpuzzle dilakukan oleh Guru SMA Pribadi Depok Maman Firmansyah yang mengatakan bahwa Edpuzzle adalah salah satu platform yang bisa membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran melalui video yang bersifat interaktif antara guru dan siswa.

Maman mengatakan, salah satu kelebihan Edpuzzle adalah membantu siswa belajar melalui video sesuai dengan kecepatan dan atau kemampuan belajar masing-masing. “Dengan menggunakan Edpuzzle juga guru bisa mengumpulkan data terkait interaksi siswa dengan video. Misal berapa kali siswa itu menonton, menjawab pertanyaan atau memberi tanggapan," katanya saat webinar.

Menurutnya, membuat video pembelajarannya juga sangat mudah. Guru bisa mengambil video dari platform Youtube, Khan Academy bahkan dari video dokumentasi National Geography juga bisa. Bisa pula mengambil konten yang sudah disediakan Edpuzzle atau bahkan mengambil dari video kreasi guru itu sendiri.

Video itu lalu bisa diedit langsung dengan fitur pemotongan video untuk diambil bagian yang diperlukan saja. Selain itu guru juga bisa memasukkan suara sendiri ke video tersebut dan juga menyelipkan soal di sela-sela video yang akan ditonton siswa untuk menguji pemahaman mereka tentang video yang mereka tonton. Hal inilah yang membuat pembelajaran dengan video menjadi lebih interaktif.

Tidak hanya guru yang bisa memasukkan soal ke video, katanya, namun siswa juga bisa menyisipkan pertanyan ke video tersebut sehingga bisa mengetahui seberapa paham video yang mereka tonton melalui pertanyaan yang kita berikan.

"Dengan ini kita bisa memberikan pengalaman yang baru kepada siswa karena belajar itu tidak hanya guru yang menyampaikan tapi kita beri mereka pengalaman sendiri. Bagi siswa keuntungannya adalah dengan video pembelajaran siswa bisa belajar sesuai dengan kecepatan pemahaman masing-masing. Dan juga bisa beri warna pembelajaran," imbuhnya.

Maman menuturkan, keuntungannya lagi bagi guru di Indonesia bisa melakukan pengembangan profesi dengan Edpuzzle ini sebab platform ini menyediakan fitur bagi guru untuk melakukan pembelajaran online seperti ini dan sertifikatnya.

Maman memberi penjelasan tentang Edpuzzle ini melalui simulasi secara langsung sehingga 362 guru yang menonton webinar tersebut pun bisa langsung memahami fungsi dari platform Edpuzzle tersebut. "Insya Allah dengan Hardiknas kita bisa meningkatkan pengetahuan kita. Kita hidup di era teknologi, kita harus selalu belajar dan belajar dan tak usah canggung untuk bertanya karena demi mendapat ilmu kita buang rasa malu untuk bertanya,” tutupnya di akhir sesi.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3814 seconds (0.1#10.140)