Shein, Fashion Online 'Misterius' China Pesaing Zara dan H&M

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 12:39 WIB
loading...
Shein, Fashion Online Misterius China Pesaing Zara dan H&M
Aplikasi belanja perusahaan fashion online asal China, Shein, diam-diam Shein telah mencapai 229,4 juta unduhan dibandingkan H&M 123,5 juta dan Zara 90,6 juta. Foto/Ilustrasi
A A A
MADRID - Situs belanja fashion Shein asal China kemungkinan besar belum pernah Anda dengar sebelumnya. Namun jangan salah, perusahaan fashion online ini diam-diam menyaingi pemain yang lebih dulu mapan seperti Zara dan H&M.

Euromonitor bahkan menyebut Shein sebagai perusahaan fashion yang murni online terbesar di dunia, diukur dengan penjualan produk bermerek sendiri. Shein yang berbasis di Nanjing, didirikan pada 2008, membidik generasi media sosial "Gen Z" dan menggunakan influencer di Instagram dan TikTok, serta kode diskon, untuk menarik pembeli muda di pasar mode yang semakin ramai.

Perusahaan mode online ini mengunggah ratusan desain baru ke aplikasinya setiap minggu, menawarkan produk bergaya dengan harga relatif murah. Harga sebuah gaun di Shein sekitar setengah dari harga produk sejenis keluaran Zara, menurut survei harga Societe Generale baru-baru ini.

(Baca Juga: Memiliki Brand Sendiri Masih Menjadi Impian Fashionpreneur)

"Anda dapat menghemat uang, yang penting saat membeli pakaian karena mode berubah begitu cepat," kata Rebeca Rondon, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (16/10/2020). Siswa berusia 23 tahun di Valencia, Spanyol, itu dalam halaman Instagramnya membandingkan lusinan gaya dari Shein dan Zara secara langsung.

Pandemi Covid-19 telah meningkatkan penjualan online di peritel memberikan pemain yang murni online seperti Shein, Asos ASOS.L dari Inggris dan Zalando ZALG.DE dari Jerman keunggulan atas Zara ITX.MC milik Inditex dan H&M HMb.ST yang toko-toko pusat di kota-kota besar.

Pada bulan September, data Sensor Tower menunjukkan bahwa aplikasi Shein meraup 10,3 juta unduhan secara global dari seluruh App Store dan Google Play. Sebagai perbandingan, aplikasi seluler H&M "hanya" mencapai sekitar 2,5 juta, dan Zara 2 juta. Hingga saat ini, Shein telah mencapai 229,4 juta unduhan, dibandingkan H&M 123,5 juta dan Zara 90,6 juta.

Keunggulan Shein dicatat pula oleh platform analitik App Annie dimana selama sepekan dari tanggal 27 September hingga 3 Oktober 2020, Shein menjadi aplikasi belanja yang paling banyak diunduh secara global di iPhone. Shein menduduki peringkat 10 besar di Amerika Serikat, Brasil, Australia, Inggris dan Arab Saudi.

Shein yang dimiliki secara pribadi, meski juga melakukan penjualan di Amazon, tidak mengungkapkan penjualan ataupun angka keuangan lainnya kepada publik. Perusahaan misterius ini pun tidak menanggapi email atau panggilan telepon.

Diketahui, perusahaan ini mendapat dukungan dari investor termasuk IDG Capital dan Sequoia Capital China, menurut data pasar modal PitchBook. Namun, perusahaan investasi tersebut tidak menanggapi permintaan wawancara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)