Pasar Modal Mulai Dikuasai Investor Lokal, Performa Lebih Kuat dari Thailand

Selasa, 20 Oktober 2020 - 14:09 WIB
loading...
Pasar Modal Mulai Dikuasai Investor Lokal, Performa Lebih Kuat dari Thailand
Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Hossen mengatakan, kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara tetangga seperti Filipina dan Thailand. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sepanjang Januari hingga Oktober 2020, kinerja pasar modal Indonesia masih tinggi. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Hossen mengatakan, kondisi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara tetangga seperti Filipina dan Thailand.

"Pandemi Covid-19 hampir terasa ke seluruhnya, termasuk ke pasar modal. Namun kinerja pasar modal kita cukup kuat dari negara ASEAN seperti Thailand, Singapura dan Filipina," kata Hossen dalam diskusi virtual, Selasa (20/10/2020).

(Baca Juga: 46 Perusahaan Gabung Cari Duit di Pasar Modal, OJK: IPO Kita Tertinggi di Kawasan )

Dia merinci secara year to date bursa saham Singapura mengalami penurunan hingga 21,06%, Filipina juga ikut turun 22,98% dan Thailand yang cukup dalam penurun 23,41%. Sedangkan Indonesia masih stabil walaupun sedikit lebih rendah.

"IHSG Indonesia hanya turun 18,62%," jelasnya.

(Baca Juga: Sekarang Ini Saat Tepat untuk Berinvestasi di Pasar Modal )

Sambung Hossen menambahkan, ketahanan pasar modal kini mulai dimotori oleh investor domestik yang menguasai sekitar 73% transaksi di pasar saham dan jumlah kepemilikan saham yang lebih dari 50% di 2020 ini. Volume transaksi tertinggi selama 5 tahun terakhir justru terjadi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Apa yang terjadi saat ini menjadi momen pembelajaran bagi kami semua untuk dapat bertahan dan menjadi lebih kuat. Sudah saatnya pasar modal kita dibangkitkan," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)