Habiskan Dana Rp25,8 Miliar, Kapal Patroli Produksi Dalam Negeri Segera Meluncur

loading...
Habiskan Dana Rp25,8 Miliar, Kapal Patroli Produksi Dalam Negeri Segera Meluncur
Kemenhub meluncurkan Kapal Patroli KNP.378 yang diproduksi Galangan Kapal Dalam Negeri. Foto/SINDOnews/Ichsan Amin
A+ A-
JAKARTA - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meluncurkan Kapal Patroli KNP.378 yang diproduksi Galangan Kapal Dalam Negeri.

Pembangunan kapal ini memberdayakan tenaga kerja lokal sehingga mereka tetap produktif guna memberikan tambahan pendapatan dan meningkatkan daya beli sehingga dapat mendorong perekonomian setempat terutama di masa pandemi Covid-19.

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Andi Hartono mengatakan, pembangunan kapal di dalam negeri merupakan bentuk komitmen serta tanggung jawab terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran.

(Baca juga: Satpol PP DKI Kerahkan Tim Patroli Motor Tertibkan Protokol Kesehatan Covid-19)



“Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan fasilitas sarana dan prasarana transportasi secara berkesinambungan, termasuk di antaranya pembangunan Kapal Patroli,” ungkapnya di Jakarta, Rabu (21/10/2020).

Lebih lanjut, Andi menyampaikan apresiasinya atas peluncuran Kapal Patroli Kelas III KNP. 378 yang dibuat oleh Perusahaan Galangan Kapal Nasional dengan total anggaran sebesar Rp25,8 miliar.

Pembangunan kapal ini dibuat dari bahan Alumunium dan telah melalui beberapa proses pekerjaan, mulai dari pengadaan material, asembly maupun erection sampai dengan finishing dan pemeriksaan yang dilakukan oleh owner maupun Badan Klasifikasi Indonesia serta Marine Inspector Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak dengan standar pembangunan kapal di Indonesia.



“Saya mengapresiasi peluncuran Kapal Patroli Kelas III KNP. 378 ini. Biasanya Kapal Kelas III terbuat dari fiber, tetapi ini terbuat dari bahan aluminium. Ini luar biasa, jadi kenapa kita harus (pesan) keluar, kita manfaatkan potensi Galangan yang ada di Indonesia, saya yakin sangat bisa,” kata Andi.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top