Nggak Hanya Jago Ngaji, Santri Akan Diajari Soal Literasi Keuangan

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 17:56 WIB
loading...
Nggak Hanya Jago Ngaji, Santri Akan Diajari Soal Literasi Keuangan
Pemerintah mendorong lingkungan pondok pesantren memahami pengetahuan serta keterampilan untuk mengelola sumber daya keuangan. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong santri pondok memahami pengetahuan serta keterampilan untuk mengelola sumber daya keuangan (literasi keuangan) . Upaya tersebut guna mendukung ketahanan ekonomi atau sistem keuangan nasional.

"Santriwan dan santriwati merupakan segmen prioritas dalam kelompok pemuda pada Strategi Nasional Keuangan Inklusif," ujar Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir di Jakarta, Jumat (24/10/2020).



Kelompok pemuda mempunyai potensi yang sangat besar, dengan santri dan santriwati yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 18 juta orang. Jika seluruhnya terinklusi keuangan, maka bisa mendorong pencapaian target keuangan inklusif jangka panjang. Berbicara tentang ekonomi yang inklusif, Iskandar menerangkan bahwa salah satu sumber dari pengangguran adalah karena tidak adanya akses masyarakat kelompok bawah terhadap 2 (dua) hal, yaitu akses pekerjaan dan akses pembiayaan.

"Pembangunan itu harusnya inklusif untuk semua orang. Jadi kita melakukan pelatihan keuangan inklusif ini, salah satunya adalah supaya seluruh masyarakat Indonesia bisa berusaha, bisa mendapatkan pekerjaan, tanpa mengecualikan dari kelompok mana," tegasnya.



Ia pun menjelaskan bahwa Pemerintah memiliki program One Pesantren One Product (OPOP). Program ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian umat melalui para santri, pondok pesantren, dan masyarakat sekitar. "Dengan program ini, Pondok Pesantren diharapkan bisa makin memberikan dampak terhadap lingkungan sekitarnya," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)