Keren, Pelaku Usaha Dekorasi Rumah Masuk Pasar Eropa

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 02:00 WIB
loading...
Keren, Pelaku Usaha Dekorasi Rumah Masuk Pasar Eropa
Pelaku usaha dekorasi rumah masuk pasar Eropa. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perdagangan terus menyosialisasikan ‘Program Pelatihan Bisnis Ekspor (Business Export Coaching/BEC)’ untuk produk dekorasi rumah. Sosialisasi program ini akan kembali diselenggarakan pada 22, 23, dan 26 Oktober 2020 yang dibagi di beberapa daerah yaitu Jawa Timur dan Bali; Sumatera; serta Kalimantan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, Papua, dan Maluku.

"Sosialisasi kami lakukan secara intensif agar semakin banyak para pelaku usaha yang dapat mengembangkan ekspor dan meningkatkan daya saing ekspor, khususnya produk dekorasi rumah Indonesia, ke pasar Eropa," jelas Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Marolop Nainggolan di Jakarta, Jumat (23/10/2020).



Menurut Marolop, program BEC kali ini memfokuskan pada produk dekorasi rumah berbahan kayu, rotan, dan serat alami lainnya yang tidak termasuk komponen furnitur besar. Program ini memberikan dukungan kepada 35 pelaku usaha kecil dan menengah hingga berhasil ekspor ke pasar Eropa.

"Program BEC ini akan dilaksanakan secara komprehensif selama empat tahun (2021—2024) untuk memastikan kesuksesan ekspor para pelaku usaha ke Eropa. Target dari nilai ekspor produk dekorasi rumah Indonesia ke Eropa sebesar Rp384 miliar pada 2024," jelasnya.

Untuk mendaftar program ini, lanjut Marolop calon peserta BEC tidak akan dikenakan biaya. Mereka akan mendapatkan berbagai keuntungan yaitu mendapatkan pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman pelaku usaha tentang pasar dan preferensi buyer Eropa. Peserta juga akan mendapatkan pendampingan individu selama masa program agar dapat fokus mengembangkan produk dan perusahaan sesuai standar Eropa serta menyusun strategi terbaik memasuki pasar Eropa.



Selain itu, para peserta akan mendapatkan akses ke berbagai kontak di pasar Eropa dalam jaringan CBI dan kementerian/asosiasi terkait program dan mendapatkan kesempatan mengikuti pameran berskala internasional di dalam dan luar negeri.
Bagi pelaku usaha yang ingin mendaftarkan pelatihan BEC produk dekorasi rumah Indonesia dapat mengisi formulir pada link berikut ini: https://forms.gle/Nans1nK5jyQziNeH7. Untuk informasi lebih lanjut tentang program BEC dapat menghubungi Tim Seleksi BEC melalui email: homedecorindonesia@kemendag.go.id. Batas waktu pendaftaran program BEC hingga 1 November 2020.

Program BEC merupakan kerja sama Kemendag dengan Kementerian Perindustrian, Kementarian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), serta didukung Centre for the Promotion of Imports from Developing Countries (CBI) Belanda.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)