Konsumsi Mamin Halal Diprediksi Capai USD1,972 Triliun pada 2024

loading...
Konsumsi Mamin Halal Diprediksi Capai USD1,972 Triliun pada 2024
Ilustrasi makanan dan minuman. Foto/SINDOnews/Inda Susanti
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah mencatat industri halal dunia berkembang pesat. Hal ini ditandai dengan konsumsi secara global makanan dan minuman (mamin) halal pada 2018 yang mencapai USD1,369 triliun. Bahkan, diperkirakan mencapai USD1,972 triliun pada 2024.

Meski begitu, untuk meningkatkan pangsa pasar produk halal sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia merupakan hal yang cukup kompleks. Itu karena posisi antara konsumen dan produsen di Indonesia saat ini masih belum seimbang.

Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, jumlah konsumen produk halal di Indonesia berada di peringkat 1 di dunia. Namun, posisi Indonesia sebagai negara produsen produk halal berada di peringkat ke-10.

(Baca juga: Beda dengan WHO, FDA Resmi Setujui Remdesivir sebagai Obat Pertama COVID-19)



Oleh karena itu, pemerintah perlu menyusun konsideran ihwal uraian pokok-pokok pikiran yang menjadi latar belakang dari masalah yang saat ini dihadapi.

"Kami menyambut baik diskusi hari ini, di mana para pemangku kepentingan mencari solusi yang terbaik, kami mengidentifikasi berbagai tantangan dan peluang yang perlu menjadi konsideran dalam menyusun strategi untuk peningkatan produk halal Indonesia," ujar Agus dalam Webinar Strategis Nasional bertajuk "Indonesia Menuju Pusat Produsen Halal Dunia", Sabtu (24/11/2020).

Adapun Agus merinci sejumlah tantangan dan peluang Indonesia sebagai produsen halal di dunia. Untuk tantangan, potensi industri halal dalam negeri dinilai belum optimal, belum fokus pada peningkatan ekspor produk halal.



Kemudian, negara dengan penduduk non muslim lebih banyak mengembangkan industri halal, seperti Afrika dan Thailand. Disusul, masih banyak pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) belum melakukan sertifikasi halal.
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top