Ingin Jadi Wirausaha Sosial yang Sukses? Ini Kuncinya

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:08 WIB
loading...
Ingin Jadi Wirausaha Sosial yang Sukses? Ini Kuncinya
Ilustrasi wirausaha muda. Foto/Dok SINDOphoto/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Perkembangan wirausaha sosial atau yang lebih populer dengan istilah social enterprise, merupakan sebuah peluang baru yang mulai disadari oleh berbagai kalangan.

Meski belum ada data pasti mengenai total jumlah wirausaha sosial di seluruh dunia, beberapa negara merilis jumlah wirausaha sosial di negaranya.

Berdasarkan data terakhir dari hasil estimasi studi British Council (2018), Indonesia memiliki sekitar 342.000 wirausaha sosial yang terdaftar.

Kendati masih seumur jagung dibanding negara-negara lain yang telah melakukan pencatatan dan pembuatan aturan klasifikasi wirausaha sosial secara mumpuni, dari data jumlah wirausaha sosial tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar yang dapat dimanfaatkan dan digali lebih lanjut.

( )

Menyadari perkembangan wirausaha sosial yang dapat membantu menjawab permasalahan sosial, Bank DBS Indonesia sebagai perusahaan yang mengedepankan bisnis berkelanjutan percaya wirausaha sosial merupakan masa depan bisnis dan untuk itu secara konsisten memberikan dukungannya untuk bergerak bersama.

Head of Group Strategic Marketing and Communications, PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika mengatakan, DBS Foundation sebagai yayasan yang menjadi bagian dari Bank DBS Indonesia hadir untuk senantiasa memperjuangkan tumbuh kembang wirausaha sosial di Indonesia melalui berbagai inisiatif. Salah satunya dengan menggandeng UKM Center FEB UI untuk menyusun seri buku kedua yaitu “Profit untuk Misi Sosial”.

“Kami berharap buku elektronik ini dapat membantu pembaca termasuk wirausaha sosial agar lebih berkembang, serta menginspirasi dan menstimulasi masyarakat untuk melahirkan wirausaha sosial baru di Indonesia,” kata Mona, Sabtu (24/10/2020).

( )

Lantas, aspek penting apa yang perlu dipahami para wirausaha sosial agar dapat menjalankan bisnis sosial yang dapat memberikan dampak maksimal? Berikut rangkuman informasi yang tersaji dalam buku “Profit untuk Misi Sosial”.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)