Bersiap Hadapi Libur Panjang, Ini Strategi Trading Untukmu!

Minggu, 25 Oktober 2020 - 08:57 WIB
loading...
Bersiap Hadapi Libur Panjang, Ini Strategi Trading Untukmu!
Apa strategi trading yang tepat jelang libur panjang? Tim Riset MNC Sekuritas menilai investor sebaiknya lebih defensif dengan melakukan profit taking atau Sell on Strength. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Berdasarkan kalender libur bursa saham tahun 2020, Bursa Efek Indonesia (BEI) menetapkan tanggal 28-30 Oktober 2020 ini sebagai hari libur bursa. Oleh sebab itu, pada pekan depan hanya akan ada dua hari perdagangan yakni Senin, 26 Oktober dan Selasa, 27 Oktober 2020 saja.

(Baca Juga: Tips Cuan dengan Bandarmology & Analisa Teknikal di Apps MNC Trade New! )

Terdapat fenomena yang menarik yaitu biasanya menjelang libur panjang, IHSG akan cenderung mengalami penurunan. Hal ini terjadi dikarenakan terdapatnya potensi ketidakpastian yang tinggi selama masa liburan panjang. Padahal, ketidakpastian tidak disukai oleh investor.

Apa strategi trading yang tepat jelang libur panjang? Tim Riset MNC Sekuritas menilai bahwa investor sebaiknya lebih mengambil langkah defensif dengan melakukan profit taking atau Sell on Strength pada sebagian portofolio saham yang dimiliki, terutama yang telah mengalami peningkatan yang signifikan.

Equity Analyst MNC Sekuritas Catherina Vincentia menjelaskan, faktor yang harus dicermati oleh investor selama libur panjang di akhir bulan Oktober 2020 terutama adalah Pemilu AS yang akan dilangsungkan pada tanggal 3 November 2020, di tengah kondisi sebagian besar saham-saham yang telah jenuh beli (overbought).

“Peluang untuk trading jangka pendek masih terbuka untuk di sektor-sektor Properti & Kontruksi dan Perdagangan yang masih berada pada fase improving to leading. Kami masih merekomendasikan Trading BUY untuk saham-saham seperti BSDE, PWON, SMRA, WSKT, ACES,” jelas Cathy.

(Baca Juga: Cermati Aksi Korporasi Penggerak Harga Saham, Klik Aja App MNC Trade New! )

Tim Riset MNC Sekuritas juga menilai terdapat potensi speculative BUY jangka pendek pada saham-saham rokok seperti GGRM, HMSP, WIIM seiring adanya katalis jangka pendek dari Kemenperin atas rencana kenaikan cukai rokok. Selain itu, lanjutnya, TLKM dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang menarik saat ini di tengah penurunan saham yang signifikan.

Cathy menyarankan, trader untuk memanfaatkan momentum trading jangka pendek saat ini dengan tetap disiplin, sehingga tetap bisa cuan dan menikmati liburan dengan tenang tanpa jadi "nyangkut-ers”.

Rekomendasi trading dari Tim Riset MNC Sekuritas dapat diakses secara lengkap di MNCS Daily Scope Wave pada menu MNC Research, yang tersedia di aplikasi MNC Trade New. Aplikasi MNC Trade New tersedia di PlayStore maupun AppStore, bisa didownload melalui: bit.ly/mnctradeall.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)