Ada Libur Panjang, Konsumsi Listrik Diharapkan Naik di Kuartal IV

Senin, 26 Oktober 2020 - 15:01 WIB
loading...
Ada Libur Panjang, Konsumsi Listrik Diharapkan Naik di Kuartal IV
Warga mengisi token listrik di salah satu rumah susun di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Konsumsi listrik pada kuartal IV tahun 2020 diharapkan naik seiring dengan adanya libur panjang. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengatakan, siklus pada tahun normal sebelum adanya pandemi Covid-19 menunjukkan konsumsi listrik akan meningkat pada waktu mendekati hari libur panjang akhir tahun dan hari besar keagamaan.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, pertumbuhan tinggi terjadi pada waktu mendekati hari libur, kemudian juga mendekati hari besar keagamaan, seperti nanti di bulan Desember itu akan banyak target," ujarnya pada Market Review IDX Channel, Senin (26/10/2020).

( )

Menurut dia, konsumsi listrik sektor industri juga biasanya mengalami peningkatan menjelang hari libur panjang untuk mengejar target produksi dan persiapan hari libur. Dia berharap siklus ini juga terjadi pada kuartal IV tahun ini.

"Kami harapkan pada siklus ini pertumbuhan kita akan mengalami kenaikan cukup signifikan di bulan Oktober, November, dan Desember," tuturnya.

Bob menuturkan, pihaknya tidak bisa memprediksikan berapa proyeksi permintaan listrik pada momen akhir tahun 2020. Namun melihat data penjualan listrik pada Januari-September 2020 menunjukkan kenaikan 0,61% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019.

( )

Menurut dia, kenaikan ini menunjukkan adanya perbaikan kegiatan perekonomian di masyarakat dibanding pada saat awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Peningkatan penjualan listrik terlihat sejak Juli hingga September 2020.

"Ini jauh lebih bagus daripada prediksi kami di awal saat pandemi terjadi di bulan April. Pada awalnya kami melihat potensi pertumbuhan -6,15%, tetapi sejauh ini sudah mencapai 0,61% dan kami lihat pertumbuhan ini akan positif. Kami tetap optimis untuk pertumbuhan energi listrik," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1763 seconds (0.1#10.140)