Persaingan Pusat Belanja Saat Pandemi Akan Kian Sengit

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 12:05 WIB
loading...
Persaingan Pusat Belanja Saat Pandemi Akan Kian Sengit
Mal masih belum pulih seperti sedia kala meskipun memasuki akhir tahun yang biasanya menjadi puncak dari aktivitas belanja. Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mal masih belum pulih seperti sedia kala meskipun memasuki akhir tahun yang biasanya menjadi puncak dari aktivitas belanja . Data Indonesia Industry Outlook 2020 yang dibuat Inventure menunjukkan bahwa mayoritas responden sebanyak 61,6% dari 629 responden masih mengaku khawatir pergi ke mal meskipun mal dikatakan besar dan lapang.



Managing Partner Inventure, Yuswohady mengatakan, hingga akhir tahun ini masih berat bagi mal karena kini preferensi dan prioritas konsumen berbeda. Dari awal melihat harga, model, kenyamanan kini pengunjung memiliki kepercayaan diri menyangkut cleanliness, healthiness, safety, dan environment (CHSE). (Baca: Inilah Perkara-perkara yang Membinasakan Manusia)

"Butuh waktu untuk mereka beradaptasi. Paling cepat awal tahun depan tergantung level kepercayaan diri dari masyarakat itu. Walaupun sekarang sudah banyak juga yang sudah percaya diri dan berani untuk ke mal bahkan liburan. Namun belum banyak juga.

Kepercayaan diri itu akan semakin banyak terjadi pada masyarakat saat mereka menganggap Covid-19 ini mudah disembuhkan karena sudah banyak contoh di sekitar mereka.

Senen, kini trennya mengarah pada pasien Covid-19 yang hanya memerlukan isolasi mandiri selama 14 hari baik di rumah ataupun di hotel. Mereka dengan usia produktif dan tidak memiliki riwayat penyakit serius cenderung mereka akan berpikir lebih optimistis.

"Orang semakin percaya diri karena melihat bukti banyak sembuh. Pasien sembuh secara mandiri ini juga kerap membagikan treatment pengobatan sendiri. Sehingga nanti masyarakat lain akan berpikiran jika positif Covid-19 bisa melakukan treatment seperti mereka yang sembuh," jelas Yuswo. (Baca: Kemenag Minta Guru Fokus pada Pembentukan Karakter Siswa)

Ketika kepercayaan diri konsumen sudah hadir, yang dibutuhkan pusat perbelanjaan ialah CHSE branding. Mereka harus meyakinkan pengunjung bahwa mereka akan aman jika berkunjung ke mal karena sudah terjamin kebersihan, kesehatan, keamanan, juga lingkungan yang terjaga.

Semua mempengaruhi, lingkungan pun harus mendukung seperti udara. Udara harus selalu bersih jangan sampai menjadi media penularan virus begitu juga air di sekitar mal.

Ke depannya, mal akan berinvestasi teknologi untuk mendukung CHSE terwujud. Nantinya teknologi akan membuat contact-less, bahkan artificial intelegence hingga robotic. Bukan hanya mal, bioskop nantinya akan berlomba-lomba untuk memiliki teknologi seperti itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)