Segera Diluncurkan, Ini Keunggulan IDX30 Futures

Selasa, 03 November 2020 - 17:23 WIB
loading...
Segera Diluncurkan, Ini Keunggulan IDX30 Futures
Suasana Bursa Efek Indonesia. Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) akan segera meluncurkan produk investasi baru, yaitu IDX30 Futures. IDX30 Futures adalah perjanjian antara dua pihak untuk membeli atau menjual sejumlah underlying aset pada harga dan dalam waktu tertentu di masa yang akan datang.

Kepala Unit Manajemen Proyek 2 BEI, Firza Rizqi Putra menyampaikan, terdapat beberapa manfaat dari IDX30 Futures. Pertama dan yang sangat menarik adalah perdagangan produk ini bisa dilakukan dua arah.

Dia menyebut, hanya produk ini yang mengakomodir perdagangan dua arah. Perdagangan futures ini dapat dimanfaatkan baik keadaan pasar sedang bullish atau naik maupun keadaan pasar sedang bearish atau turun.

( )

"Jadi, dengan perdagangan futures investor dapat memanfaatkan atau mendapatkan keuntungan baik ketika pasar sedang naik atau ketika pasar sedang turun. Hanya dengan futures lah perdagangan dua arah itu diperbolehkan. Karena perdagangan futures bisa dimanfaatkan ketika market sedang turun makanya perdagangan futures juga berfungsi sebagai sarana underlying atau produk asuransi istilahnya," ujar Firza dalam video conference, Selasa (3/11/2020).

Firza menambahkan, manfaat kedua dari IDX30 Futures ini adalah dapat digunakan sebagai lindung nilai atas portfolio underlying. Dengan memasang posisi jual, perdagangan futures dapat digunakan sebagai sarana lindung nilai.

"Ketika marketnya turun malah kita mendapatkan keuntungan dari market tersebut sehingga bisa digunakan sebagai sarana lindung nilai," katanya.

Manfaat ketiga adalah produk leverage. Dia menjelaskan, dengan IDX30 Futures investor berpotensi mendapatkan keuntungan yang sama dengan transaksi saham, dengan modal yang relatif lebih kecil.

( )

"Futures ini sebenernya kurang lebih seperti down payment ya, dengan DP ini tidak mungkin perdagangannya full amount, tidak seperti saham atau ETF. Jadi, untuk perdagangan futures hanya dibutuhkan modal yang relatif sangat kecil, investor berpotensi mendapatkan keuntungan yang sama dan kalau dia bertransaksi di saham atau di ETF dengan modal yang jauh relatif lebih kecil," ucapnya.

Jelang penerbitan IDX30 Futures, BEI tengah mempersiapkan peluncuran dan direncanakan akan dilakukan di November atau Desember tahun 2020.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)