Trump Jadi Presiden AS Lagi Bikin Ekonomi RI Rugi, Kok Bisa?

Rabu, 04 November 2020 - 09:41 WIB
loading...
Trump Jadi Presiden AS Lagi Bikin Ekonomi RI Rugi, Kok Bisa?
Ekonom menilai, jika Donald Trump kembali menang akan berdampak negatif pada ekonomi Indonesia. Meski menurutnya tergantung pada kebijakan dan program yang dibuat oleh para calon di Pilpres AS. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ekonom Indef Nailul Huda menilai, hasil pemilihan presiden Amerika Serikat (Pilpres AS) tergantung pada kebijakan dan program yang dibuat oleh para calon. Tentunya kebijakan dan program itu bakal mempengaruhi ekonomi Indonesia , mengingat dampak raksasa ekonomi dunia itu sangat besar.

Apalagi saat ini, hasil suara yang dikumpulkan belum merata dan masing-masing kandidat memiliki suara yang seimbang. "Jadi dampak kepada Indonesia bisa dilihat dari program-program yang ditawarkan oleh masing-masing kandidat," kata Nailul Huda saat dihubungi MNC News Portal, Rabu (4/11/2020).

(Baca Juga: Trump Menang Lawan Biden, Pasar Saham RI Ambrol )

Menurutnya, jika Donald Trump kembali menang akan berdampak negatif pada ekonomi Indonesia. Hal ini seiring perang dagang akan masih berlanjut.

"Kalau Trump udah pasti akan mementingkan kepentingan AS dibandingkan dengan kepentingan global. Perang dagang dengan China pasti akan berlanjut, dan itu merugikan Indonesia," katanya.

(Baca Juga: Efek Hasil Pilpres AS, Ekspor Bakal Naik Tapi Investasi Bisa Terhambat )

Selain itu, bisa jadi fasilitas perdagangan Indonesia untuk AS dikurangi. Efek dari perang dagang ini bisa negatif bagi ekonomi Indonesia. "Ekonomi Indonesia bisa sangat tertekan," tandasnya.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)