Menristek Minta Startup Indonesia Jangan Cuma 'Ngebajak' Produk

Rabu, 04 November 2020 - 12:02 WIB
loading...
Menristek Minta Startup Indonesia Jangan Cuma Ngebajak Produk
Foto/ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaku usaha startup di Indonesia diminta untuk tak hanya meniru produk yang sudah ada di luar negeri. Mereka juga harus mampu berinovasi dan menciptakan sesuatu yang berbeda agar mampu bersaing di kancah dunia internasional. ( Baca juga: Bonus Demografi Peluang Emas Lahirkan Teknopreneur Milenial )

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro mengatakan, kunci sukses sebuah perusahaan berbasis teknologi itu harus selalu berinovasi. Sebab, jika hanya mengikuti yang sudah ada, maka startup asal Indonesia nantinya akan selalu tertinggal.

"Saya harapkan ketika tampil, startup jangan berpikir yang mirip-mirip. Yang penting di sini tunjukkan tidak hanya menjadi follower, karena Anda harus bersaing dengan yang di depan," kata Bambang dalam diskusi daring, Selasa (3/11/2020) malam.

Menurut dia, esensi dari sebuah inovasi adalah keterbaruan. Dengan menjadi pembeda, maka startup buatan milenial Tanah Air pun nantinya akan dilirik dan merambah ke mancanegara.

"Kuncinya ada suatu yang baru. Itulah esensi dari inovasi. Punya mental dan stamina yang masih berani mencoba," ujarnya.

Dia mengakui bila menciptakan sebuah inovasi memang penuh risiko. Namun, langkah itu tak lantas membuat seorang pebisnis untuk tidak berani mencoba. Salah satu solusi agar bisa meminimalisasi sebuah risiko adalah dengan cara melakukan riset dan penelitian yang dilakukan secara baik dan benar. ( Baca juga: Demo Kedubes Prancis, Begini Pengalihan Lalu Lintas di Sekitar Thamrin )

"Tentunya menata risiko ini jadi penting, tapi ini bisa ditata kalau kita punya inovasi. Tapi memang tidak ada jaminan. Kita harus hati-hati karena memang tidak mudah untuk menang dalam berbisnis," kata dia.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0663 seconds (0.1#10.140)