5 Profesi Ini Paling Dicari Startup, Mana yang Paling Cocok Buat Kalian?

Jum'at, 06 November 2020 - 13:21 WIB
loading...
5 Profesi Ini Paling Dicari Startup, Mana yang Paling Cocok Buat Kalian?
Startup menawarkan kultur kerja sesuai dengan harapan anak-anak muda masa kini dengan menawarkan tempat kerja yang fun. Nih ITEBA merangkum beberapa profesi yang paling dicari dan dibutuhkan startup. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Startup digadang-gadang menawarkan kultur kerja yang sesuai dengan harapan anak-anak muda masa kini. Startup juga menawarkan tempat kerja yang fun, yang cocok untuk jiwa muda. Tak heran banyak lulusan baru yang juga berminat untuk menjajal bekerja di startup.

Startup sendiri bermakna sebagai perusahaan rintisan yang masih berada dalam tahap awal pengembangan. Bisnis ini berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Perkembangan startup di Indonesia sejalan dengan Revolusi Industri 4.0., di mana proses produksi massal dibarengi dengan kecerdasan teknologi.

(Baca Juga: Tenaga Kerja Asing Masuk ke Startup Lewat UU Ciptaker, Nasib Talenta Lokal )

Lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR) memprediksi bahwa pada 2020 bisnis rintisan di Indonesia akan bertumbuh hingga 6,5 kali lipat atau 13.000 bisnis. Hal itu disebabkan kemunculannya beriringan dengan perkembangan teknologi.

Dengan beragam model bisnis, startup semakin meroket. Ada banyak sektor startup, mulai dari dompet digital, transportasi online, hingga e-commerce. Ada beragam pula model bisnis yang dijalankan, seperti Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C).

Jumlah startup yang semakin menjamur di Indonesia, membuka peluang pekerjaan bagi para lulusan baru. Ada banyak profesi yang bisa kamu coba untuk bekerja di startup. Salah satu institusi pendidikan unggulan bidang sains, teknologi dan desain, yang berbasis di Batam, Kepulauan Riau, adalah Institut Teknologi Batam (ITEBA) juga memberi perhatian pada lulusan berkualitas bidang teknologi.

ITEBA merangkum beberapa profesi yang paling dicari dan dibutuhkan startup. Simak ulasannya berikut:

1. Web Developer

Profesi yang satu ini sudah tak asing lagi di dunia startup. Pasalnya, setiap startup bisa dibilang pasti membutuhkan Website Developer untuk membangun dan mengembangkan bisnisnya dengan teknologi. Website Developer adalah seorang programmer yang dapat membuat program dan aplikasi untuk web.

Profesi ini cocok bagi para lulusan teknik informatika atau teknik komputer. Umumnya, Website Developer terdiri atas tiga sub bagian, yaitu Frontend Developer, Backend Developer, dan Fullstack Developer. Gaji Web Developer yang ditawarkan startup bervariasi, rata-rata berkisar di angka Rp5–20 juta per bulan. Hal itu tergantung dengan seberapa tinggi skill yang kamu miliki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8452 seconds (0.1#10.140)