Kemenangan Biden Gairahkan Pasar Saham Pekan Depan

Minggu, 08 November 2020 - 08:14 WIB
loading...
Kemenangan Biden Gairahkan Pasar Saham Pekan Depan
Bursa Efek Indonesia (BEI). Foto/Dok SINDOphoto/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Terpilihnya Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat (AS) ke-46 menjadi salah satu sentimen yang akan mempengaruhi pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pekan depan.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, pasar saham dunia termasuk Indonesia di awal pekan mungkin menguat menyambut kemenangan Biden. Namun, sesudah itu sangat rawan mengalami aksi ambil untung (profit taking) akibat kenaikan yang banyak pada minggu lalu.

"Selain itu potensi sengketa politik di AS membawa peluang pelaku pasar melakukan aksi ambil untung," kata Hans Kwee di Jakarta, Minggu (7/11/2020).

(Lihat juga grafis: Ucapan Selamat untuk Biden dari Barisan Mantan Presiden AS )

Menurut dia, indeks di pasar saham mayoritas menguat menyambut potensi Joe Biden memenangkan pemilu. Dari hasil prediksi perhitungan tidak resmi menunjukan Biden berhasil memenangkan pemilu dengan 290 elektoral.

Apalagi, Demokrat berdasarkan prediksi berhasil memenangkan suara di Georgia lagi sejak terakhir kali tahun 1992 dan Arizona sejak 1996. Proyeksi BBC berdasarkan hasil tidak resemi Negara bagian yang telah menyelesaikan perhitungan suara menunjukan kemenangan Biden dengan 273 suara elektoral.

( )

Pelaku pasar sangat memperhatikan pemilihan presiden karena mempengaruhi kebijakan Amerika Serikat ke depannya. "Potensi sengketa pemilu sangat mungkin terjadi. Hal ini tidak lepas dari metode pemilihan umum yang dilakukan, dimana diizinkannya penggunaan pos untuk mengirim surat suara," katanya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)