Pengguna Internet Setengah Lebih Populasi Dunia, Umat Manusia Makin Terikat

Senin, 09 November 2020 - 22:03 WIB
loading...
Pengguna Internet Setengah Lebih Populasi Dunia, Umat Manusia Makin Terikat
Saat ini peran internet semakin penting dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik di dunia global. Setiap tahun internet semakin dalam memengaruhi kehidupan umat manusia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini peran internet semakin penting dalam kehidupan sosial, ekonomi dan politik di dunia global. Setiap tahun internet semakin dalam memengaruhi kehidupan umat manusia. Kecenderungan internet juga telah bergerak menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.

"Nyaris semua kebutuhan seseorang dapat dipenuhi melalui internet sehingga pengeluaran untuk dapat terus mengakses internet cenderung semakin besar," ujar Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Henri Kasyfi Soemartono saat webinar di Jakarta, Senin (9/11/2020).

(Baca Juga: Kontribusi Penetrasi Internet di Sumatera Melambat )

Pengguna internet diseluruh dunia baik mobile maupun fixed mengalami kenaikan terus menerus. Berdasarkan laporan International Telecommunication Union (ITU) yang merupakan badan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) jumlah pengguna internet dunia tahun 2018 sebesar 3,9 miliar melebihi setengah populasi dunia.

Menurut Henri, kenaikan jumlah itu juga dialami oleh indonesia. Hasil survei APJII 2018, jumlah pengguna internet di indonesia sebesar 171,1 juta naik sebesar 27,9 juta dari tahun lalu yang berjumlah 143,2Juta.

(Baca Juga: Lewat Digitalisasi Desa, Masyarakat Bisa Didorong Berbisnis Online )

"Diprediksi pada 2019 dan seterusnya akan mengalami tren kenaikan dikarenakan selesainya proyek jaringan palapa Ring yang akan menambah keandalan koneksi diseluruh indonesia," sebut dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1778 seconds (0.1#10.140)