Dorong Pemulihan Sektor Wisata, SMF Gandeng Kemenparekraf

Kamis, 12 November 2020 - 17:32 WIB
loading...
Dorong Pemulihan Sektor Wisata, SMF Gandeng Kemenparekraf
Penandatanganan MoU SMF-Parekraf oleh Direktur Akses Pembiayaan Kementerian Parekraf, Hanifah, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Fadjar Hutomo dan Direktur SMF Trisnadi Yulrisman serta Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF kembali bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kementerian Parekraf) dalam merealisasikan Kerja Sama Pelaksanaan Dukungan Pembiayaan Pembangunan Homestay di Destinasi Pariwisata Indonesia.

(Baca Juga: Dorong Ekonomi Pariwisata, SMF Salurkan Pembiayaan ke BUMDes )

Perjanjian kerja sama tersebut melingkupi 5 hal yaitu pertama, fasilitas dan koordinasi terkait dengan kebijakan yang dibutuhkan oleh kedua belah pihak dalam melaksanakan pembiayaan pembangunan Pondok Wisata (Homestay) di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)

Adapun KSPN adalah kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata nasional yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan.

Ke dua, yaitu pertukaran data dan/atau informasi yang dibutuhkan. Ke tiga, pembiayaan Pondok Wisata (Homestay) di Destinasi Pariwisata Indonesia meliputi antara lain pendanaan dan pemberdayaan lembaga penyalur. Ke empat pelaksanakan regulasi, profiling, promosi dan advokasi investasi di Destinasi Pariwisata Indonesia, dan Ke lima, yakni monitoring dan evaluasi dalam rangka pertumbuhan pembangunan homestay.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan, SMF dalam kerja sama ini berperan sebagai pemberi pembiayaan homestay kepada Masyarakat di Desa atau Lokasi Wisata melalui Lembaga Penyalur dan pemberdayaan Lembaga Penyalur pada area Daerah Super Priotitas (DSP).

"Melengkapi peran tersebut, SMF berkoordinasi dengan Kementerian Parekraf, melakukan pendampingan kepada lembaga penyalur dalam rangka capacity building dan peningkatan peran serta masyarakat setempat," kata Ananta di Jakarta.

Dia melanjutkan bahwa penyaluran pembiayaan homestay ini merupakan ini bagian dari komitmen SMF dalam mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dicanangkan oleh Pemerintah khususnya di sektor pariwisata, melalui pembiayaan homestay.

“Sebagai Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan RI, di tengah pandemi ini SMF berkomitmen untuk dapat memberikan manfaat yang lebih luas. Terkait itu SMF siap untuk dan didayagunakan untuk dapat mendorong kembali pertumbuhan sektor pariwisata yang sejalan dengan program Pemerintah dalam memulihkan kondisi ekonomi nasional,” ujarnya.

(Baca Juga: Pemerintah Perkuat Pendampingan Dana Desa untuk Sektor Pariwisata )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)