Telan Investasi Rp14 Triliun, Tol Yogya-Bawen Satukan Kawasan Joglosemar di 2023

Jum'at, 13 November 2020 - 18:47 WIB
loading...
Telan Investasi Rp14 Triliun, Tol Yogya-Bawen Satukan Kawasan Joglosemar di 2023
Ilustrasi kepadatan kendaraan di jalan tol. Foto/Dok SINDOphoto/Adam Erlangga
A A A
JAKARTA - Jalan tol Yogyakarta-Bawen akan segera dibangun pada Agustus 2021 mendatang dan ditargetkan rampung kuartal III-2023. Jalan tol sepanjang 75,82 kilometer ini menelan investasi sebesar Rp14 triliun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan tol ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN). Menyusul rencana pemerintah untuk membentuk kawasan Borobudur sebagai salah satu 'Bali Baru'.

Nantinya, lanjut Basuki, kawasan ini akan terintegrasi dengan kota lainnya seperti Solo, Semarang hingga Karimun Jawa yang memiliki objek wisata andalan.

Sebagai gambaran, keberadaan Tol Yogyakarta-Bawen bakal membentuk segitiga emas yang terkoneksi dengan tol lainnya. Di Simpang Susun (SS) Sleman, tol ini diproyeksikan terhubung dengan Tol Solo - Yogyakarta- YIA (Yogyakarta International Airport).

(Lihat juga foto: Bandara YIA Hadir dengan Sentuhan Warna dari AkzoNobel )

Sedangkan di SS Bawen akan terhubung dengan Tol Semarang-Solo. Sebagai informasi, Tol Semarang-Solo ini sekarang sudah beroperasi sementara yang lainnya masih dalam proses pembangunan.

"Jadi dengan adanya tol yang tadinya menjadi angan-angan Joglosemar akan menjadi kenyataan. Jogja, Solo, Semarang, dan ada Karimun Jawa yang juga ada objek wisatanya. Jadi saya kira ini kawasan Joglosemar akan terintegrasi melalui jalan tol ini di 2023," ujarnya dalam acara penandatanganan PPJT secara virtual, Jumat (13/11/2020).

Sebagai informasi, jalan Tol ini membentang sepanjang 75,82 Km yang melintasi dua daerah, yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sehingga nantinya jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan dibangun 6 seksi yang bakal dibatasi dengan total 6 Simpang Susun.

( )

Seksi 1 dari SS JC Sleman ke SS Banyurejo sepanjang 8,25 Km. Selanjutnya, seksi 2 sepanjang 15,26 Km membentang dari SS Banyurejo sampai SS Borobudur.

Adapun seksi 3 yakni SS Borobudur hingga SS Magelang sepanjang 8,08 Km. Seksi 4 dari SS Magelang sampai SS Temanggung sepanjang 16,46 Km. Selanjutnya seksi 5 memiliki panjang 22,56 Km dari SS Temanggung hingga SS Ambarawa. Terakhir, seksi 6 dari SS Ambarawa berlanjut ke SS Bawen sepanjang 5,21 Km.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)