Pelaku Pasar Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19

Minggu, 15 November 2020 - 23:00 WIB
loading...
Pelaku Pasar Waspadai Kenaikan Kasus Covid-19
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaku pasar berhati-hati kerena lonjakan kasus Covid 19 di berbagai Negara. Berdasarkan laporan Reuters, kasus virus Covid 19 naik lebih dari 100% di 13 negara bagian Amerika dalam dua pekan terakhir. Direktur Investasma Hans Kwee mengatakan terkait kenaikan kasus tersebut beberapa Negara bagian mulai melakukan pembatasan aktivitas.

"Negara bagian Chicago mengeluarkan peringatan untuk warganya tetap tinggal di rumah dan negara bagian New York menerapkan jam malam bagi restoran, bar dan pusat kebugaran sebagai upaya untuk menurunkan penyebaran Covid-19," kata Hans Kwee di Jakarta, Minggu (15/11/2020).



Pembatasan kegiatan sosial dapat menurunkan pemulihan ekonomi sehingga berpotensi mendorong stimulus fiskal dan moneter lebih besar. "Setelah peningkatan kasus covid 19 yang diikuti pembatasn kegiatan sosial," katanya.

Lalu, peningkatan kasus covid 19 terjadi di sebagian Negara Eropa ditengah musim dingin beberapa bulan ke depan. Jumlah total kasus di Prancis naik menjadi 1,95 juta, Spanyol 1,49 juta kasus, Italia melampaui angka 1,1 juta infeksi dan Inggris menjadi negara pertama di Eropa yang mencatatkan lebih dari 51 ribu kematian. Nantinya, Bank Sentral Eropa (ECB) diperkirakan akan memberikan lebih banyak stimulus pada bulan Desember 2020.

"Sebagian Negara di Zona Eropa menerapkan pembatasan substansial pada kehidupan sehari-hari yang diperkirakan akan berdampak pada aktivitas ekonomi. Hal ini mendorong kemungkinan zona Eropa kembali mengalami pertumbuhan negative pada kuartal ke 4 tahun ini," katanya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1156 seconds (0.1#10.140)