Selamatkan Bumi, Crazy Rich Dunia Jeff Bezos Bagi-bagi Duit Rp11 Triliun

Selasa, 17 November 2020 - 18:01 WIB
loading...
Selamatkan Bumi, Crazy Rich Dunia Jeff Bezos Bagi-bagi Duit Rp11 Triliun
CEO Amazon Jeff Bezos. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - CEO Amazon sekaligus orang terkaya di dunia, Jeff Bezos yang memiliki kekayaan bersih sekitar 183 miliar dolar AS (Rp2.500) triliun, baru saja menggelontorkan 16 hibah senilai 791 juta (Rp11 triliun) untuk menanggulangi dampak perubahan iklim terhadap dunia.

“Hari ini, dengan senang hati saya mengumumkan penerima Bezos Earth Fund yang pertama, 16 organisasi yang memiliki solusi inovatif untuk melawan perubahan iklim, yaitu donasi senilai 791 juta dolar AS, ini hanyalah awal dari komitmen 10 miliar dolar AS saya untuk mendanai ilmuwan, aktivis, dan LSM,” tulis Bezos dalam akun instagram pribadinya @jeffbezos.



Organisasi The Nature Conservancy (TNC) dan Environmental Defense Fund (EDF) masing-masing dilaporkan menerima 100 juta dolar AS (Rp1,4 triliun). Bantuan itu merupakan bagian dari program pendanaan Bezos Earth Fund senilai 10 miliar dolar AS (Rp140 triliun), yang diumumkan Bezos sembilan bulan lalu. “Dengan hadiah murah hati dari Bezos Earth Fund, TNC dan mitra kami di seluruh dunia akan dapat memperluas pekerjaan perintis kami dalam mengembangkan dan menerapkan solusi iklim," ujar CEO TNC, Jennifer Morri dikutip dari Fox News, Selasa (17/11/2020).



Sebagai sosok filantropis, Bezos memang dikenal suka beramal. Seperti pada september lalu, dirinya membuka sekolah pendidikan anak usia dini (preschool) berbasis Montessori gratis di tengah mahalnya pendidikan di Amerika. Terkait perubahan iklim, pada Februari lalu sebuah penelitian mengatakan perubahan iklim ekstrem dapat mengakibatkan resesi ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Studi dari National Bureau of Economic Research pada 2019 juga mengatakan, hampir semua negara akan terkena dampak negatif perubahan iklim pada 2100 jika tidak ada solusi segera.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1357 seconds (0.1#10.140)