On the Track, Realisasi Food Estate Kalteng sudah Capai 19.000 Hektare

Selasa, 17 November 2020 - 22:22 WIB
loading...
On the Track, Realisasi Food Estate Kalteng sudah Capai 19.000 Hektare
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Mentan Syahrul Yasin Limpo (dua dari kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (dua dari kiri), dan Menhan Prabowo Subianto (kiri) saat meninjau lahan food estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Juli 2020 lalu.
A A A
JAKARTA – Pemerintah terus berupaya mempercepat perkembangan kawasan food estate di Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Humbang Hasundutandi Sumatera Utara (Sumut) untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional secara berkelanjutan. Program prioritas ini dinilai mampu membangun kawasan ekonomi baik lokal maupun nasional.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Momon Rusmono mengatakan bahwa saat ini progres pelaksanaan program food estate sudah on the track. Meski masih ada beberapa kendala, tetapi tidak akan mengurangi percepatan pengolahan lahan yang sedang dilakukan.

(Baca juga:Mantap, Konektivitas Menuju Food Estate Kalteng Terus Dibangun)

“Progres pelaksanaan food estate di Kalteng realisasinya sudah mencapai 63,40% atau sekitar 19.000 ha dari total target 30.000 ha,” kata Momon saat rapat dengar pendapat (RDP) jajaran pejabat eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Komisi IV DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (17/11/2020).

Momon mengatakan, target proses pengelolaan lahan program food estate di Kalteng diharapkan bisa selesai pada Desember 2020. Hal ini dilihat dari kemampuan alat mesin pertanian (alsintan) yang sudah diturunkan ke lokasi tersebut.

(Baca juga:Food Estate Humabahas Berbasis Hortikultura)

“Area seluas 30.000 ha tersebut terdiri atas 20.000 ha berlokasi di Kabupaten Kapuas, sementara 10.000 ha lainnya berada di Kabupaten Pulang Pisau,” katanya.

Selain itu, Momon menyebutkan realisasi penyaluran sarana produksi (saprodi) benih padi yang sudah tersalur sudah sekitar 24.100 ha, dolomit untuk 25.500 ha, pupuk NPK untuk 7.000 ha serta pupuk hayati, herbisida, dan juga urea. Momon melanjutkan, realisasi tanam sudah mendekati 5.000 ha.

(Baca juga:Bangun Food Estate di Sumut, Jokowi: Fokus Tanam Kentang & Bawang)

“Pada saat ini juga dilakukan persiapan terkait aspek kelembagaan korporasi dan juga proses bisnis yang bisa diimplementasikan mulai tahun 2021. Untuk food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan di Sumatera Utara (Sumut) nantinya akan berbasis komoditas hortikultura terutama bawang merah, bawang putih dan juga kentang,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3191 seconds (0.1#10.140)