Langkah Sektor Perbankan Tahun Depan Masih Akan Tertatih-tatih

Rabu, 18 November 2020 - 17:35 WIB
loading...
Langkah Sektor Perbankan Tahun Depan Masih Akan Tertatih-tatih
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Aviliani mengatakan, tantangan sektor perbankan saat ini dan ke depan masih akan cukup berat. Pertumbuhan ekonomi di tahun depan diperkirakan hanya separuhnya dari target pemerintah yang sebesar 5%. Pertumbuhan itu akan berpengaruh pada penyaluran kredit di tahun 2021.

"Pertumbuhan ekonomi tahun depan mungkin separuhnya, atau antara 3% hingga 4% paling tinggi. Itu menunjukkan bahwa kemungkinan tahun depan pun pertumbuhan kredit tidak bisa dipaksakan. Mungkin 3% saja sudah bagus kalau bisa tumbuh 3%. Tahun ini kemungkinan hanya sekitar 1%," ujarnya pada diskusi Proyeksi Ekonomi Indonesia 2021: Jalan Terjal Pemulihan Ekonomi, Rabu (18/11/2020). ( Baca juga:Ekonom: Tanpa Ekosistem, Fintech Akan Sulit Berkembang )

Aviliani melanjutkan, saat ini perbankan kelebihan likuiditas karena bank mendapat penempatan dana yang besar dari masyarakat. Ada dua faktor yang menyebabkan perbankan kelebihan likuiditas. Pertama, sebagian masyarakat kelas atas yang sekarang belum berani belanja atau keluar rumah sehingga kecenderungan mereka mengurangi konsumsi.

Kedua, perusahaan cenderung menempatkan dana untuk persiapan apabila kondisi ini masih panjang, mereka harus bisa bertahan.

"Dua faktor inilah yang menyebabkan pertumbuhan dana masyarakat cukup tinggi. Sedangkan kredit masih tumbuh sekitar 1%," tuturnya.

Tantangan lainnya di tahun depan adalah kemungkinan restrukturisasi akan diperpanjang. Langkah itu berarti membuat bank tidak mendapatkan income antara 10% hingga 20% dari total kreditnya. "Artinya, perbankan tidak mudah untuk bisa recovery dengan pertumbuhan kredit yang terbatas. Yang kedua juga keuntungan akan semakin terkena dampak," jelas Aviliani. ( Baca juga:Bupati Bogor, Camat hingga Panitia Akan Diperiksa Polisi Terkait Kegiatan Habib Rizieq )

Dia menuturkan, pemulihan ekonomi tahun depan juga akan sangat bergantung pada kecepatan distribusi vaksin Covid-19. Meski pemerintah bisa mengeksekusi vaksinasi di tahun depan, masih akan butuh waktu untuk kembali pulih.

"Biasanya memerlukan time lag agar perusahaan-perusahaan itu melakukan adjustment, demand melakukan adjustment. Itu masih butuh enam bulan lagi untuk pulih," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)