Dukung Pemulihan Suku Bunga Dipangkas

Jum'at, 20 November 2020 - 06:03 WIB
loading...
A A A
Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah menilai BI memanfaatkan ruang untuk menurunkan suku bunga lebih awal. Inflasi yang rendah dan nilai tukar yang menguat didukung aliran modal masuk membuat BI percaya diri menurunkan suku bunga. "Tampaknya BI benar-benar berupaya mendorong pemulihan ekonomi dengan menurunkan suku bunga acuan," katanya.

Dengan turunnya suku bunga pada bulan ini Piter pun meyakini bulan depan BI akan menahan suku bunga acuan. "Dan menyisakan setidaknya penurunan 25 basis poin lagi pada tahun depan," ramalnya. (Lihat videonya: Bupati Bogor Ade Yasin Terkonfirmasi Positif Covid-19)

Pengamat ekonomi Bhima Yudhistira mengatakan, penurunan bunga acuan menjadi 3,75% diharapkan dapat membuat laju bunga simpanan lebih rendah. Dengan demikian berdampak pada berpindahnya dana deposan di perbankan ke investasi secara riil. "Intermediasi perbankan diperkirakan akan membaik, khususnya terkait kinerja pertumbuhan kredit," katanya.

Dia menuturkan, biaya pinjaman juga bisa lebih rendah sehingga pelaku usaha bisa memanfaatkan kredit perbankan untuk meningkatkan ekspansi usaha pada 2021. "Bunga acuan yang menurun merupakan insentif bagi sektor riil," sebut Bhima. (Kunthi Fahmar Sandy/Rina Anggraeni)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)