BI Optimistis Milenial Jadi Kekuatan Baru UMKM

loading...
BI Optimistis Milenial Jadi Kekuatan Baru UMKM
Gubernur BI Perry Warjiyo. Foto/dok
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) optimistis generasi milenial Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak usaha mikro kecil menengah (UMKM) baru sebagai kekuatan perekonomian nasional.

”(Generasi) milenial yang memiliki jiwa tangguh dan budaya kewirausahaan yang tinggi menjadi sumber dalam penciptaan wirausaha milenial (millennialpreneur) baru menuju pasar global,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta kemarin. (Baca: Ini Perbedaan Muslim dan Mukmin, Kamu Pilih Mana?)

Dia mengungkapkan, dalam gelaran Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri III, BI menaruh harapan dan optimisme terhadap kiprah millennialpreneur untuk turut meningkatkan kesejahteraan bangsa dan perekonomian di masa depan. "Bonus demografi memosisikan peran penting (generasi) milenial dalam ekonomi Indonesia. (Generasi) milenial akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini maupun masa depan," ujar Perry.

Rangkaian KKI telah dilaksanakan dengan pencapaian yang cukup menggembirakan. Jumlah pengunjung pada seri pertama dan kedua tersebut mencapai 53.153 pengunjung. ”Jumlah peserta 379 UMKM, jumlah penjualan Rp10,5 miliar, bussiness matching mencapai Rp113,2 miliar dan komitmen pembiayaan mencapai Rp 4,7 miliar,” ungkap Perry. (Lihat videonya: Ratusan Pengunjuk Rasa Bakar Gedung Kongres Guatemala)



Melalui KKI, UMKM binaan dan mitra Bank Indonesia di seluruh Nusantara didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai dengan selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital. (Anton C)
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top