Transaksi Open Banking Terus Meningkat Capai Rp70 Triliun

Rabu, 25 November 2020 - 18:51 WIB
loading...
Transaksi Open Banking Terus Meningkat Capai Rp70 Triliun
FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan transaksi open banking terus mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut akibat pandemi Covid-19 sejalan dengan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat dalam bertransaksi nirsentuh.

"Kondisi pandemi membuat aktivitas inovasi keuangan digital (IKD) terus meningkat sejalan dengan kesadaran masyarakat dan perubahan perilaku untuk menggunakan e-commerce seiring adanya pembatasan aktivitas fisik masyarakat," ujar Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti di acara Penutupan Indonesia Fintech Summit 2020 virtual, Rabu (25/11/2020).



Menurut Destri, peningkatan ini terlihat dari data transaksi e-commerce di kuartal III-2020 yang meningkat menjadi Rp70 triliun. Pada di periode yang sama tahun lalu, transaksi e-commerce hanya Rp60 triliun. Pihaknya mengatakan peningkatan transaksi e-commerce tersebut juga diikuti dengan transformasi pembayaran menggunakan transfer bank ke alat pembayaran lainnya. Karena, beberapa masyarakat kini mulai menggunakan uang elektronik.



Terhitung pada kuartal III-2020, pembayaran e-commerce menggunakan uang elektronik sudah mencapai 42% dari total pembayaran. Angka ini mengalami peningkatan signifikan bila dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yang baru mencapai 11%. "Dengan tren digitalisasi yang berlanjut, maka transformasi penggunaan alat pembayaran diperkirakan akan juga berlanjut termasuk untuk penggunaan uang elektronik," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1348 seconds (0.1#10.140)