Di Bawah Israel, Indonesia Masuk dalam Kelompok Negara Terbaik buat Perempuan Pengusaha

Rabu, 25 November 2020 - 20:05 WIB
loading...
Di Bawah Israel, Indonesia Masuk dalam Kelompok Negara Terbaik buat Perempuan Pengusaha
Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - International Labour Organization (ILO) -MIWE 2020 memberikan peringkat bagi negara-negara secara global terkait kemajuan kaum perempuan di dunia bisnis sebelum pandemi terjadi di 58 negara (termasuk 15 negara di kawasan Asia Pasifik). Angka tersebut mewakili hampir 80% tenaga kerja perempuan.

Dari 58 negara yang termasuk dalam Indeks, 12 negara berhasil naik lima peringkat atau lebih dari tahun ke tahun. Sementara 10 negara turun lima peringkat atau lebih. Indonesia berada di peringkat ketujuh belas dengan jumlah perempuan pengusaha terbanyak.

Negara-negara di kawasan Asia Pasifik yang tumbuh pesat meliputi Tiongkok Daratan (+6) dan Indonesia (+5). Sedangkan penurunan terbesar terlihat di Singapura (-12), Filipina (-10), Hong Kong (-8), dan Vietnam (-7). ( Baca juga:Butuh 8 Juta Ton Limbah Sampah Serbuk Gergaji Kayu untuk Maksimalkan PLTU )

Executive Vice President, Enterprise Partnerships, Asia Pacific, Mastercard Julienne Loh mengatakan, negara-negara dengan tingkat kinerja perekonomian terbaik menurut MIWE 2020 merupakan contoh bahwa negara dengan mekanisme dukungan berbasis gender memiliki hasil yang cepat dan signifikan. Untuk pertama kalinya, Israel menduduki puncak MIWE sebagai negara terbaik bagi perempuan pengusaha di seluruh dunia, naik dari peringkat ke-4 pada tahun 2019.

"Dengan misi untuk menggandakan jumlah perempuan pengusaha dalam dua tahun, kesuksesan Israel didorong oleh dukungan kelembagaan yang berfokus pada UKM. Peringkat 'Dukungan untuk UKM' Israel melonjak dari peringkat ke-42 pada tahun 2019 menjadi peringkat pertama pada tahun 2020," kata Julienne di Jakarta.

Negara terkuat tahun lalu, Amerika Serikat (turun dari posisi ke-1 menjadi ke-2) dan Selandia Baru (turun dari posisi ke-2 menjadi posisi ke-4). Di kedua negara tersebut, persepsi budaya yang mendukung kewirausahaan, visibilitas tinggi para pemimpin perempuan yang berperan sebagai panutan bagi calon pengusaha, dan kondisi kewirausahaan yang mendukung, memainkan peranan penting dalam kesuksesan mereka.

Mayoritas negara (34 dari total 58 dalam laporan ini) memiliki skor MIWE yang bagus, yaitu antara 60 hingga 70 seperti Australia, Indonesia, Tiongkok Daratan, Singapura, Vietnam, dan Malaysia. Sementara 13 negara memiliki skor yang lebih rendah, yaitu antara 50 hingga 60 seperti Jepang dan India. ( Baca juga:97 Paus Pilot dan 3 Lumba-lumba Mati Terdampar Massal di Selandia Baru )

“Laporan ini semakin memperjelas bahwa terlepas dari kekayaan ekonomi, tingkat perkembangan, ukuran, dan lokasi geografis, ketidaksetaraan gender terus berlanjut, bahkan sejak sebelum pandemi. Covid-19 hanya memperburuk situasi yang sejak awal sudah bermasalah. Covid-19 secara tidak adil telah mengganggu kehidupan dan mata pencaharian perempuan lebih besar dibandingkan laki-laki," tandasnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)