Dukung Rumah Murah, Pemerintah Beri Pinjaman ke Perumnas Rp650 Miliar

Sabtu, 28 November 2020 - 16:12 WIB
loading...
Dukung Rumah Murah, Pemerintah Beri Pinjaman ke Perumnas Rp650 Miliar
Deretan rumah di salah satu proyek perumahan di Depok, Jawa Barat telah selesai dibangun, Selasa (14/7/2020). Foto:SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan dukungan pembiayaan kepada Perum Perumnas berupa Dana Investasi Pemerintah dalam rangka Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp650 miliar pada tahun 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK) nomor KMK 503/KM.06/2020 tanggal 9 November 2020 telah menugaskan PT Sarana Multi Griya Finansial (SMF) sebagai Pelaksana Investasi untuk melakukan analisis usulan dukungan serta monitoring dan evaluasi Investasi Pemerintah PEN kepada Perum Perumnas.

“Pada tanggal 25 November 2020, telah dilaksanakan penandatanganan perjanjian antara Kemenkeu dan PT SMF (Persero) sebagai pelaksana investasi serta perjanjian antara PT SMF sebagai pelaksana investasi dan Perum Perumnas sebagai penerima investasi dalam rangka program PEN,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam rilis yang diterima, Sabtu (28/11/2020).

(Baca Juga : Siasati Pandemi Covid-19, Perumnas Siapkan Strategi Ini )

Untuk dana dukungan Pemerintah sebesar Rp650 miliar diberikan dalam rangka reprofiling struktur keuangan perusahaan di dalam memenuhi program Satu Juta rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang terkendala akibat pandemi Covid-19.

“Investasi Pemerintah PEN ini berbentuk surat utang jangka panjang yang diterbitkan melalui penawaran terbatas Perum Perumnas Tahun 2020 dengan tenor 7 tahun,” katanya.

Adapun struktur dukungan sebesar Rp650 miliar tersebut berupa Rp200 miliar untuk pelunasan kewajiban dan Rp450 miliar untuk modal kerja. Pembiayaan modal kerja tersebut diantaranya pembangunan proyek-proyek landed di Parung Panjang, Pasadena Paseh, Royal Cempaka dan highrise di RSKA Pondok Cina, RSKA Tanjung Barat dan RSKA Rawa Buntu.

(Baca Juga : Suku Bunga Turun Banyak Rumah Murah Mulai Dijual Pengembang )

Pemerintah berharap dengan dukungan ini Perum Perumnas dapat lebih meningkatkan sinergi dengan para pihak dalam ekosistem perumahan nasional sehingga dapat lebih berkontribusi dan mampu meningkatkan perannnya dalam industri perumahan, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan hunian yang layak bagi MBR.

“Selain itu, Perum Perumnas juga diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja perusahaan melalui sinergi, transformasi dan reposisi peran Perum Perumnas dalam ekosistem perumahan nasional sehingga tujuan Investasi Pemerintah PEN dapat tercapai,” tandasnya.
(her)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)