Australia Siap Adukan China ke WTO Atas Tarif Jelai

Minggu, 29 November 2020 - 13:30 WIB
loading...
Australia Siap Adukan China ke WTO Atas Tarif Jelai
Perseteruan antara China dan Australia memanas dengan diterapkannya bea masuk tinggi oleh Beijing atas sejumlah produk asal Negeri Kanguru. Foto/Ilustrasi
A A A
CANBERRA - Di saat ketegangan atas tarif besar-besaran China pada anggur Australia meningkat, Pemerintah Federal Australia melanjutkan rencana untuk membawa China ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) atas ekspor jelai. Mei lalu, China mengancam untuk memberlakukan tarif pada jelai Australia, berdasarkan hasil investigasi anti-dumping dan bea balik yang sedang berlangsung.

Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham telah merinci seruan yang telah dibuat pemerintah melalui proses domestik China untuk membatalkan keputusan tersebut dan membatasi dampak pada perdagangan jelai senilai USD1,5 miliar dengan China.

(Baca Juga: Makin Panas! China Patok Tarif hingga 200% bagi Anggur Australia)

"Kami berusaha untuk terlibat dengan itikad baik," kata Senator Birmingham seperti dikutip dari ABC News, Minggu (29/11/2020). "Kami kecewa karena semua bukti, yang meyakinkan seperti yang kami yakini, ditolak oleh otoritas China dan banding itu tidak berhasil."

Seiring ketegangan dengan Australia, China telah menargetkan segalanya mulai dari jelai Australia, batu bara, anggur hingga turis dan pelajar. Senator Birmingham mengatakan bahwa pengaduan ke WTO adalah langkah berikutnya. "Saya berharap itu akan menjadi hasilnya," katanya.

Industri itu sendiri terpecah mengenai apakah eskalasi konflik perdagangan adalah tindakan yang tepat. "Ada pendapat yang berbeda, jujur saja di sana," kata Birmingham.

Tetapi, kata dia, secara keseluruhan Australia mendukung sistem berbasis aturan untuk perdagangan internasional. "Dan jika Anda berpegang pada sistem berbasis aturan, Anda juga harus menggunakan sistem berbasis aturan itu, yang mencakup menyebutkan di mana menurut Anda aturan telah dilanggar dan memanggil wasit internasional untuk membantu menyelesaikan perselisihan itu," tandasnya.

Produsen anggur Australia manjadi salah satu industri yang terdampak sengketa perdagangan China-Australia. Produsen anggur Australia kini menghadapi tarif hingga 212% untuk produk mereka. Pemerintah China mengumumkan langkah-langkah tersebut akan berlaku mulai Sabtu (28/11), yang menjadi pukulan besar bagi industri senilai USD1,2 miliar per tahun tersebut.

China menuduh produsen Australia menjual anggur dengan harga di bawah biaya produksinya, merugikan pembuat anggur China. Meski penyelidikan terkait tuduhan itu belum akan selesai sampai tahun depan, Kementerian Perdagangan China telah mengumumkan bahwa mulai 28 November, importir anggur Australia dari China harus membayar "uang jaminan anti-dumping" sementara. Uang jaminan yang secara efektif berfungsi seperti tarif itu berkisar antara 107% hingga lebih dari 200%.

Saat ketegangan perdagangan dan politik makin membara, spekulasi tentang apa yang sebenarnya terjadi antara kedua negara dan apa yang selanjutnya dalam daftar sasaran sanksi China pun berputar liar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)