Sri Mulyani Sebut Kelola Uang Negara Ibarat Iuran Kas Sekolah

Senin, 30 November 2020 - 14:05 WIB
loading...
Sri Mulyani Sebut Kelola Uang Negara Ibarat Iuran Kas Sekolah
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bercerita mengenai pengelolaan keuangan negara. Kata dia mengelola keuangan negara sama halnya seperti mengelola uang iuran kas di kelas. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani bercerita mengenai pengelolaan keuangan negara . Kata dia mengelola keuangan negara sama halnya seperti mengelola uang iuran kas di kelas. Sebab, uang yang dikumpulkan tersebut sama-sama akan difungsikan untuk keperluan bersama.

"Uang saku dirumah atau sekolah atau jadi bendahara kelas yang mana mengumpulkan iuran dari teman-teman itu bersama. Uang negara sama kayak gitu, kita mengumpulkan uang dari pembayaran pajak dari wajib pajak atau dari sisi masuk bea cukai dan dari juga pengumpulan kekayakaan Indonesia," kata Menkeu Sri Mulyani dalam video virtual, Jakarta, Senin (30/11/2020).

(Baca Juga: Pesan Bu Sri Mulyani: Anak-anak Sekolah Ayo Jaga Protokol Kesehatan )

Sambung dia, uang negara juga bisa dihasilkan dari kekayaan alam Indonesia. Menurutnya Indonesia adalah negara yang kaya karena memiliki berbagai macam pertambangan. Mulai dari batubara, minyak, emas, hingga yang lainnya.

"Itu setiap kali dia tambang, dia memiliki kewajiban untuk membayar bagi hasil kepada pemerintah baik royalti maupun pajak. Uang inilah yang kemudian dikumpulkan menjadi pendapatan negara yang kemudian dipakai untuk mendanai seluruh kegiatan kita bernegara," jelasnya.

(Baca Juga: Di Hadapan Pelajar SD, Sri Mulyani: Bayar Pajak Menjaga Indonesia )

Lalu, uang negara dikumpulkan untuk kegiatan negara yang disebut belanja negara. Hal ini untuk membuat Indonesia mengejar cita-citanya sebagai negara yang maju. "Kita harus mencoba menjelaskan pendapatan dikumpulkan dan belanja negara," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)