Kini Saatnya Beli Rumah Murah

loading...
Kini Saatnya Beli Rumah Murah
Wabah corona membawa dampak pada hampir semua sektor ekonomi, termasuk di dalamnya sektor properti. Foto/dok
Agus Kriswandi Basyari
Pitaloka Land

Dalam tulisan pekan ini, berbicara tentang waktu yang tepat untuk berinvestasi atau membeli rumah. Tulisan ini dilatarbelakangi oleh kondisi dan suasana Covid 19. Wabah corona membawa dampak pada hampir semua sektor ekonomi, termasuk di dalamnya sektor properti (dalam tulisan ini properti = rumah).

Menurut catatan yang dirangkum dari berbagai sumber, penjualan rumah sampai pada semester I/2020 menurun hingga mencapai angka -54%. Penurunan penjualan ini tentunya membawa dampak yang buruk bagi para pembisnis properti. Efek yang paling terasa adalah terhentinya proyek-proyek yang sudah direncanakan tahun sebelumnya dan melambatnya penjualan. (Baca: Jadikan Sifat Tawadhu sebagai Modal Kebahagiaan)

Situasi tersebut diatas mengakibatkan sulitnya roda perusahaan dijalankan. Hal ini terutama karena tidak lancarnya arus uang masuk dan arus uang keluar, di mana arus uang keluar lebih besar daripada uang yang masuk. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, developer sebagai produsen rumah perlu berpikir keras dan melakukan terobosan-terobosan khususnya pada sektor penjualan agar roda perusahaan bisa terus dijalankan.



Kondisi sulit yang dialami developer memunculkan peluang besar bagi konsumen yang ingin memiliki rumah. Biasanya developer akan mengambil kebijakan penjualan yang memberi kemudahan dan keringanan bagi konsumennya.

Dalam keputusannya developer akan memberikan diskon harga yang lebih besar dibandingkan dengan situasi normal, mempermudah syarat dan ketentuan, memberi subsidi suku bunga, membebaskan biaya-biaya tertentu, dan memberikan fasilitas-fasilitas lainnya. (Baca juga: Covid-19 Bisa Sebabkan Gigi Penderita Tanggal)

Pada kesempatan inilah waktu yang tepat bagi konsumen untuk membeli rumah. Dari sisi harga, konsumen memiliki peluang untuk mendapatkan potongan yang jauh lebih besar daripada saat situasi normal.

Harga rumah yang ditawarkan bisa jadi merupakan harga pokok penjualan yang tentu saja sangat menguntungkan bagi calon konsumen. Sebagai contoh, harga price list satu unit rumah sebesar Rp500 juta sangat dimungkinkan konsumen mendapatkan harga yang disepakati sebesar Rp350 juta. Harga tersebut bagi developer merupakan harga pokok penjualan atau nilai marginnya dibuang.

Dalam kondisi sulit bisa saja developer memberikan kemudahan syarat dan ketentuan bagi konsumen, sebagai salah satu contohnya adalah meringankan beban uang muka. Misalnya uang muka diperkecil atau cara pembayarannya yang lebih ringan. Misalnya uang muka dapat dibayar sebanyak 6 kali angsuran selama 6 bulan. Syarat dan ketentuan lain yang bisa lebih dipermudah adalah konsumen dibantu dalam mengurus persyaratan-persyaratan seperti, pengurusan izin usaha, pembuatan pembukuan keuangan, atau syarat administratif lainnya. (Baca juga: Moeldoko Ungkap Sulitnya Menumpas Kelompok MIT Pimpinan Ali Kalora)

Selain kemudahan di atas, konsumen bisa saja menndapatkan subsidi suka bunga. Dalam hal ini developer akan memberikan keringanan suku bunga yang berlaku diperbankan. Misalnya, suku bunga yang berlaku sebesar 11%, maka developer bisa saja memberikan subsidi bunga sehingga konsumen yang membeli rumahnya bisa menikmagi suku bunga dibawah 11%. Hal tersebut tentu saja akan sangat meringankan beban angsuran konsumen karena nilainya dipastikan lebih kecil dari semestinya.



Keringanan lain yang bisa didapatkan konsumen adalah terbebasnya dari biaya-biaya yang timbul sebagai kewajiban konsumen dalam memiliki rumah . Sebagai salah satu contohnya adalah biaya notaris, biaya pajak-pajak, dan biaya proses perbankan. Dalam hitungan presentasi biaya biaya tersebut bisa senilai 10 sampai dengan 12% dari harga jual rumah. (Lihat videonya: Mari Sukseskan Pilkada Serentak 2020)

Oleh karenanya, tentu saja sangat meringankan dan menguntungkan bagi calon konsumen. Dengan demikian, kondisi pandemi COVID 19 adalah waktu yang tepat bagi calon konsumen untuk segera memiliki rumah.
(ysw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top