Libur Akhir Tahun Dipangkas, Jadwal Bursa Saham Masih Dibahas

Rabu, 02 Desember 2020 - 10:32 WIB
loading...
Libur Akhir Tahun Dipangkas, Jadwal Bursa Saham Masih Dibahas
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memangkas libur panjang akhir tahun sebanyak tiga hari. Pemangkasan libur tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tengah penyebaran Covid-19.

Pemangkasan libur akhir tahun ini juga akan memengaruhi penutupan akhir tahun dan pembukaan awal tahun perdagangan pasar modal Indonesia. Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi menyebut, jadwal aktivitas bursa belum diputuskan karena masih dalam pembahasan. ( Baca juga:Investor Belanja, IHSG Dibuka Menguat 0,83% )

"Belum putus (jadwal penutupan dan pembukaan bursa), masih kita diskusikan dan juga menunggu kliring Bank Indonesia (BI)," ujar Inarno saat dihubungi MNC Portal, Rabu (2/12/2020).

Inarno menambahkan, kliring BI akan menjadi patokan untuk BEI menentukan waktu penutupan akhir tahun dan pembukaan awal tahun perdagangan di bursa.

"Tergantung kliring BI ya, kalau BI kliring terbatas di 31 (Desember), ya kita penutupan di 30 Desember dan buka di tanggal 4 (Januari 2021)," kata dia.

Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan memangkas libur akhir tahun sebanyak tiga hari yaitu tanggal 28, 29, dan 30 Desember 2020. Kebijakan itu disampaikan oleh Menteri Koordinator (Menko) PMK Muhadjir Effendy seusai rapat internal menteri.

“Intinya kita sesuai arahan Presiden memutuskan bahwa ada libur Natal dan Tahun Baru. Masih tetap ada. Ditambah pengganti Idul Fitri satu hari,” ujarnya, Selasa (1/12/2020). ( Baca juga:Korban Tewas Serangan Mobil di Jerman Bertambah Jadi 5 Orang )

Dia mengatakan cuti bersama Natal akan tetap libur di tanggal 24 Desember. Kemudian tanggal 25 Desember juga tetap libur karena Hari Raya Natal. Sementara tanggal 26 dan 27 Desember merupakan hari Sabtu dan Minggu yang otomatis libur.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)