Ritel Terus Berinovasi Agar Bertahan Menghadapi Pandemi

Rabu, 02 Desember 2020 - 21:33 WIB
loading...
Ritel Terus Berinovasi Agar Bertahan Menghadapi Pandemi
Pelaku industri ritel terus melakukan inovasi menghadapi pandemi Covid-19. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pelaku industri ritel yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) terus melakukan inovasi ditengah penurunan kinerja selama pandemi Covid-19 . Strategi jangka pendek agar terus bertahan, salah satunya dengan melakukan efisiensi seperti mengurangi jumlah karyawan. Selain itu, untuk membantu para peritel yang menjual barangnya di pusat perbelanjaan/mal, para pengelola memberlakukan diskon hingga penundaan pembayaran.

(Baca Juga : APPBI: Pengelola Mal di Jakarta Babak Belur Hadapi PSBB Transisi )

Saat ini, pengelola mal juga menyesuaikan gaya berbelanja masyarakat yang berubah di masa pandemi. Pondok Indah Mall (PIM) misalnya, melakukan kolaborasi dengan aplikasi karya anak bangsa, atozGO, memperkenalkan inovasi terbaru mereka bernama atozGO Mall. Aplikasi ini menawarkan pengunjung mal konsep pesan makanan mal dari dalam mobil, yang kemudian bisa disantap di dalam mobil atau langsung dibawa pulang. Sehingga konsumen tak perlu masuk ke dalam mal.

“Kerjasama atozGO dan Pondok Indah Mall ini diharapkan bisa memberikan alternatif bagi pelanggan yang rindu makan di dalam mal, akan tetapi masih khawatir untuk dine in di restoran karena ramai serta adanya pandemi COVID-19 ," kata CEO atozGO Djunaedy Hermawanto, di Jakarta Rabu ((2/2/2020). Tidak hanya untuk membeli makanan, atozGO juga bisa digunakan untuk membeli berbagai barang keperluan. ”Untuk yang ingin menyantap makanan di dalam mobil, Pondok Indah Mall menyediakan area khusus untuk dine in your car,”sebutnya.

(Baca Juga : Patuhi PSBB, Pengelola Mal di Depok Tak Akan Ikuti Kebijakan APPBI Jabar )

Untuk meniadakan interaksi dengan membayar secara tunai, atozGO memiliki pilihan metode pembayaran, salah satunya dengan Shopee Pay. "Untuk melakukan transaksi menggunakan pembayaran Shopee Pay, pelanggan cukup memilih Shopee Pay pada pilihan pembayaran pada saat check out di aplikasi atozGO," kata Djunaedy. Dia mengungkapkan, kerjasama tersebut juga untuk meningkatkan pelanggan dan transaksi atozGO dan Pondok Indah Mall.

(Baca Juga : Ehm, Penyelenggaran Hari Ritel Nasional 'Diadang' Diskon Gede Harbolnas )

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) , Alphonsus Widjaja sebelumnya mengungkapkan, pengelola mal telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat, disiplin, dan konsisten untuk membangkitkan kepercayaan diri masyarakat. Pengunjung mal pun mulai meningkat seiring dengan peningkatan angka kunjungan. Pengelola pusat perbelanjaan juga membuat program khusus sehingga produk-produk dapat dijangkau oleh konsumen yang masih berhadapan dengan masalah penurunan daya beli.
(ton)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)